30 Tahun Lalu, Pria Jepang Ciptakan Tongsis

Kompas.com - 23/04/2015, 14:30 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Sempat masuk sebuah majalah pada 1995, tongsis alias tongkat narsis ternyata sudah eksis jauh sebelum itu, tepatnya sejak 1980.

Penemunya adalah seorang pria Jepang bernama Hiroshi Ueda. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BBC (23/4/2015), Ueda terinspirasi membuat alat tersebut setelah merasa tak bisa mengandalkan orang lain untuk mengambil foto dirinya di tempat wisata.

“Saat saya berada di Museum Louvre di Paris, saya minta seorang anak untuk mengambil foto saya. Tapi dia malah kabur dan membawa lari kameranya,” kata Ueda.

Pria penggemar foto yang bekerja di perusahaan kamera Minolta ini pun putar otak, lantas berhasil menciptakan “extender stick”, produk berupa tongkat yang bisa dipanjangkan dan dilengkapi tripod di ujungnya untuk digunakan bersama kamera saku.

Ketika itu semua kamera masih menggunakan film, maka Ueda pun menambahkan cermin di depan kamera agar pemakai si tongkat bisa melihat diri sendiri dan melakukan framing gambar.

Dengan kata lain, inilah “tongsis” pertama yang bisa dipakai untuk selfie.

Ueda mematenkan penemuannya itu pada 1983. Tahun 1985, kantor paten AS menerbitkan dokumen paten yang antara lain berisi skema alat temuan Ueda. Di sini terdapat ilustrasi penggunanya menjepret selfie dengan alat tersebut.

Minolta pun memproduksi “tongsis” bikinan Ueda. Sayang, penjualannya ketika itu tak bagus karena masih dinilai aneh oleh publik dan beberapa faktor lain.

PetaPixel Dokumen paten extender stick dengan ilustrasi pengguna mengambil selfie


“Kualitas fotonya tak terlalu bagus,” kata Ueda. “Kami menyebut hal semacam itu sebagai penemuan jam 3 pagi -datangnya terlalu cepat.”

Memang, pada akhirnya butuh waktu berpuluh-puluh tahun hingga munculnya smartphone sebelum trend selfie mulai menanjak dan tongsis mulai banyak dipakai.

Seorang penemu asal Kanada bernama Wayne Fromm berhasil mengkapitalisasi trend selfie yang tengah mengemuka dengan membuat “tongsis” lain yang dinamai “Quik Pod” pada pertengahan dekade 2000-an.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.