Kebut Pasar Global, UCBrowser Terapkan "Glocal"

Kompas.com - 30/04/2015, 15:00 WIB
CEO UCWeb Yu Yongfu KOMPAS.com/Sabrina AsrilCEO UCWeb Yu Yongfu
|
EditorReza Wahyudi
BEIJING, KOMPAS.com - Aplikasi peramban internet UC Browser menargetkan diri menjadi mobile browser utama di negara-negara berkembang. Untuk meraih pasar internasional itu, strategi pun difokuskan pada kerja sama dengan produk lokal.

"Pasar internasional begitu besar. Maka dibutuhkan strategi untuk dapat berhasil salah satunya adalah dengan fokus pada "glocal". Kerja sama dengan produk sesuai pasar," ujar General Manager of International Business Department UCWeb Robin Su dalam acara Global Mobile Internet Conference 2015 di Beijing, Rabu (28/4/2015).

Dia mencontohkan, kerja sama dengan Facebook yang sangat populer di sejumlah negara. UC Browser membuat pemintas (shortcut) tersendiri bagi situs jejaring sosial itu. Lainnya, UC Browser juga menggandeng WeChat. WeChat saat ini menjadi aplikasi messaging terbesar di Tiongkok.

Selain itu, UC Browser juga membuat fitur tampilan tersendiri untuk tema yang dibuat sesuai dengan kesukaan pasar lokal. Di antaranya,UC-Criket dan Bollywood untuk pengguna di India, fitur Sepakbola UC (livescore) untuk pengguna di Indonesia, dan Entertainment untuk pengguna asal Rusia.

Untuk memetakan masing-masing kebutuhan dan kebiasaan setiap negara yang menjadi target UC Browser, perusahaan yang masih berada di bawah Alibaba Grup itu pun sengaja mempekerjakan pegawai lokal.

Mereka juga membuat kantor cabang seperti yang telah dilakukan di India, Amerika Serikat, dan Vietnam. UC Browser juga menggunakan strategi sebanyak-banyaknya bekerja sama dengan smartphone, seperti Samsung, HTC, Nokia, Lenovo, dan Huawei.

Saat ini, perusahaan yang dipimpin oleh Yu Yongfu tersebut sudah hadir di 150 negara dan sudah dibuat ke dalam 11 bahasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Robin menjelaskan bahwa UC Browser menargetkan mendominasi pasar negara-negara berkembang, seperti India dan Indonesia. Dengan keunggulan kompresi data yang maksimal, UCBrowser yakin bisa melangkah lebih jauh dengan para pesaingnya.

"Mobile internet saat ini bergerak begitu cepat. Pengguna akan beralih ke produk lain yang lebih baru. Supaya produk tak tergantikan, maka butuh produk yang sangat bagus dan tak tergantikan. Ini yang kami pegang," ucap Robin.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.