Kompas.com - 10/05/2015, 17:48 WIB
AMD Carrizo L AMD IndonesiaAMD Carrizo L
|
EditorDeliusno
KOMPAS.com - AMD merilis Advanced Processing Unit (APU) seri 7000 terbaru dalam ajang Financial Analyst Day 2015. Prosesor tersebut diklaim memadukan otak pemrosesan bertenaga besar, pemrosesan grafis canggih, AMD Secure Processor, dan I/O dalam satu chip hemat daya.

"Kami sangat senang terhadap teknologi yang dimiliki oleh APU dan GPU terbaru kami yang hadir tahun ini untuk para pengguna antusias, gamer, atau pun pengguna mainstream," ujar Corporate VP and General Manager, Computing and Graphics Business Unit at AMD Matt Skynner dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Minggu (10/5/2015).

APU yang dikenal sebagai Carrizo-L ini merupakan bagian dari keluarga prosesor mobile Carrizo buatan AMD. Saat ini prosesor tersebut sudah tersedia di Tiongkok, segera menyusul di belahan dunia lainnya.

AMD menyediakan empat model untuk versi quad-core, dengan variasi kecepatan pemrosesan mulai dari 1,8 GHz hingga 2,5 GHz. Sedangkan satu model lagi merupakan dual-core dengan kecepatan 1,5 GHz.

Selain APU tersebut, perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat ini juga merilis sejumlah produk lain di waktu yang bersamaan. Produk itu adalah GPU Radeon 300 series yang memiliki arsitektur Graphics Core Next (GCN). Produk ini dikhususkan untuk komputer desktop.

Kemudian ada juga Radeon M300 untuk laptop dan berbasis arsitektur serupa. Prosesor grafis ini menawarkan dukungan penuh terhadap Direct X 12 sekaligus teknologi efisiensi daya dengan memanfaatkan AMD Enduro Technologies.

Terakhir, AMD membawa pembaruan untuk APU A-series khusus untuk komputer desktop. APU ini sudah diubah agar mendukung pengoperasian Windows 10 dan memiliki rancangan multiengine dan multiadapter berbasis DirectX 12.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

APU A-series terbaru juga membawa fitur-fitur berupa AMD FreeSync, AMD Mantle, HSA features heterogeneous queuing (hQ), dan heterogeneous uniform memory access (hUMA).

“Komitmen AMD dalam hadirkan performa komputasi dan grafis terbukti dengan kehadiran APU 7000 Series dan GPU Radeon 300 Series yang mampu hadirkan pengalaman bermain game superior, entertainment kelas atas, serta beberapa fitur lainnya yang inovatif," imbuh Skynner.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.