Aplikasi "Siaran Langsung" Twitter Sambangi Android

Kompas.com - 27/05/2015, 12:59 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Aplikasi Periscope akhirnya mendarat juga di platform Android. Sama seperti versi iOS, Periscope untuk Android ini mengizinkan penggunanya untuk menyiarkan video streaming secara langsung (live) dari smartphone.

Seperti KompasTekno kutip dari The Verge, Selasa (27/5/2015), tidak ada yang terlalu berbeda antara Periscope versi iOS dan Android. Secara fungsi, pengguna bisa menonton dan juga menyiarkan video langsung secara streaming.

Hanya ada perbedaan minor dari segi desain di antara keduanya. Untuk melakukan broadcast, pengguna iOS bisa menemukan tombolnya di bagian tab bagian tengah. Sementara itu, untuk platform Android, tombol broadcast berbentuk bulat berwarna merah di layar broadcast.

Selain itu, pengguna juga bisa langsung kembali menonton video live di Periscope dengan menekan banner yang ada di bagian notifikasi, ketika sedang membuka aplikasi lain.

Aplikasi Periscope saat ini telah dimiliki oleh perusahaan linimasa Twitter. Layanan tersebut memang sengaja diakuisisi oleh Twitter untuk mendorong fitur video dalam layanan jejaring sosial miliknya.

Berbeda dengan layanan video yang ada di situs tersebut, layanan Periscope ini digunakan untuk berbagi video secara langsung. Di aplikasi Twitter, pengguna hanya bisa berbagi video yang tersimpan di smartphone atau PC.

Aplikasi tersebut pun langsung mendapat respon yang positif dari pengguna iOS. Buktinya, Periscope sudah digunakan lebih dari 1 juta orang hanya dalam 10 hari perdananya di iOS.

Periscope banyak digunakan untuk menampilkan video keseharian artis. Ia juga banyak digunakan untuk berbagi video penting yang bersifat breaking news dan jurnalisme warga.

Periscope untuk Android sudah tersedia secara gratis di Play Store. Ia hanya bisa bekerja di Android 4.4 KitKat atau versi yang lebih baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.