Google Photos Tampung Foto dari Android dan iOS, "Unlimited"

Kompas.com - 29/05/2015, 15:17 WIB
Google Photos mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dengan jumlah tidak terbatas GoogleGoogle Photos mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dengan jumlah tidak terbatas
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Konferensi developer Google I/O 2015 dimanfaatkan oleh raksasa mesin pencari ini untuk memperkenalkan aplikasi terbarunya, Photos. Seperti namanya, aplikasi tersebut berfungsi untuk menyimpan foto para penggunanya.

Menurut Anil Sabharwal, Head of Google Photos, seperti KompasTekno kutip dari The Verge, Jumat (29/5/2015), aplikasi tersebut bisa dijadikan "rumah" bagi foto dan video. Pengguna bisa menyimpan, mengorganisasikan, dan berbagi foto.

"Google Photos memberikan Anda sebuah tempat pribadi untuk menyimpan memori seumur hidup, dan dapat mengaksesnya dari semua perangkat," tulis Anil dalam blog resmi perusahaan.

Menariknya, foto yang disimpan pengguna di perangkat smartphone akan diunggah langsung ke data center. Jumlah foto yang diunggah tersebut pun tidak terbatas jumlahnya.

Selain itu, layanan ini tak terbatas untuk pengguna Android. Google Photos dapat digunakan oleh pengguna perangkat iOS dan via web.

Meski begitu, ada beberapa persyaratan. Google akan menyimpan foto dalam resolusi sebenarnya, asalkan ukuran fotonya maksimal 16 megapiksel.

Jika lebih dari itu, sistem secara otomatis akan mengompresi foto. Akan tetapi, menurut Google, foto hasil kompresi tersebut bakal tetap hadir dengan kualitas yang baik.

Ingin mengunggah foto dengan kualitas lebih baik dari 16 megapiksel? Jika ya, Google menjual layanan berbayar untuk kebutuhan tersebut. Di masa awal penggunaan layanan berbayar itu, pengguna akan mendapatkan penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis.

Setelah itu, pengguna harus membayar sekitar 20 dollar AS atau sekitar Rp 260.000 untuk biaya berlangganan berkapasitas 1 TB.

Google Photos sendiri bakal dirilis secara bertahap di semua negara. Menurut pengamatan KompasTekno, saat ini aplikasi tersebut masih belum tersedia di Play Store Indonesia.

Baca tentang


Sumber The Verge

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X