Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Rilis "Moments", Aplikasi Pintar Pengunggah Foto

Kompas.com - 16/06/2015, 11:22 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Menyimpan atau mengunggah foto-foto ke Facebook bisa memakan waktu. Apalagi jika foto-foto itu dibidik pada momen penting yang biasanya berjumlah puluhan hingga ratusan file. Kerepotan akan bertambah saat harus mentautkan teman-teman yang ada di foto.

Karena kerepotan tersebut, terkadang ada foto-foto yang luput dan tak tersimpan di Facebook. Untuk "menyelamatkan" foto-foto tersebut, Facebook hari ini, Selasa (16/6/2015) merilis aplikasi "Moments" untuk efisiensi waktu penyimpanan foto.

Dengan aplikasi tersebut, pengguna Facebook tak perlu menyimpan foto satu persatu. Pengguna juga tak perlu khawatir ada foto yang luput di-share di Facebook.

Pengguna hanya perlu mensinkronisasi foto-foto yang ada di smartphone atau tablet dengan Facebook. Setelahnya, teknologi pengenal wajah Facebook bakal melacak foto-foto yang menampilkan wajah pengguna dari berbagai akun teman yang juga mengaktifkan fitur "Moments".

AndroidAuthority Facebook luncurkan aplikasi Moments untuk hemat waktu pengguna menyimpan foto pada berbagai momen

Semua foto-foto dari "Moments" bakal dikelompokkan berdasarkan tempat pengambilan gambar dan orang-orang yang wajahnya dikenali dalam momen itu.

Sebagai tambahan, fitur ini juga bakal saling silang promosi dengan "Messenger". Teman yang juga memakai aplikasi "Moments" akan mendapat pesan di "Messenger" setiap ada teman yang membagi foto bersama.

Saat ini, "Moments" sudah tersedia di Apple App Store dan Google Play Store. Namun, pantauan KompasTekno, aplikasi ini baru tersedia untuk pengguna di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com