Kompas.com - 19/06/2015, 07:46 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Lebih kurang setahun setelah menjual Nokia ke Microsoft, Stephen Elop lengeser dari jabatannya sebagai Executive Vice President bagian Devices & Services.

"Stephen dan saya sepakat bahwa sekaranglah waktu yang tepat baginya untuk mundur dari Microsoft," ujar CEO Microsoft Satya Nadella dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari The Next Web, Kamis(18/6/2015).

Elop sebelumnya menjabat sebagai CEO Nokia dan ikut pindah ke Microsoft ketika raksasa software itu mengakuisisi Nokia.

Pada masa kepemimpinan Elop, Nokia mengalihkan platform smartphone miliknya menjadi Windows Phone. Pasar dan harga saham pabrikan ponsel legendaris itu melorot jauh hingga akhirnya terpaksa menjual divisi perangkat kerasnya ke Microsoft.

Langkah tersebut menimbulkan dugaan bahwa Elop sengaja disusupkan oleh Microsoft untuk menjatuhkan poisisi Nokia. Sebelum bergabung dengan Nokia, Elop memang menjabat sebagai kepala bisnis Office di Microsoft.

Dengan kepergian Elop, Terry Myerson yang dulu menjabat sebagai Executive Vice President of Operating System kini mendapat peran memimpin grup baru dalam perusahaan, yakni Windows and Devices Group.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.