XL Kebut "Sejuta" Pelanggan 4G LTE

Kompas.com - 07/07/2015, 12:19 WIB
Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan, Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr TGH M Zainul Majdi dan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Muhammad Budi Setiawan, M.Eng dalam peresmian 4G LTE XL Axiata di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin (6/7/2015). Oik Yusuf/KompasTeknoDirektur Service Management XL Ongki Kurniawan, Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr TGH M Zainul Majdi dan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Muhammad Budi Setiawan, M.Eng dalam peresmian 4G LTE XL Axiata di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin (6/7/2015).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
MATARAM, KOMPAS.com - XL Axiata saat ini memiliki sekitar 200.000 pelanggan data seluler 4G LTE. Angka itu masih kecil dibandingkan jumlah keseluruhan pelanggan smartphone XL yang mencapai kisaran 17,2 juta.

Kini, dengan bergulirnya komersialisasi layanan 4G LTE tahap ke dua di spektrum 1.800 MHz, operator seluler tersebut optimis bisa merangkul lebih banyak pelanggan 4G LTE di jaringannya.

"Kami menargetkan peningkatan ratusan persen," kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan saat dijumpai usai acara peluncuran layanan 4G LTE di Mataram, Lombok, NTB, hari Senin (6/7/2015) kemarin.

"Ya, Insya Allah sampai," jawab Ongki ketika ditanya apakah pihaknya bisa mengumpulkan pelanggan 4G LTE hingga 1 juta pada akhir tahun 2015.

Dia menambahkan bahwa XL sekarang telah mengaktifkan 200 BTS 4G LTE yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah BTS 4G di suatu daerah bervariasi. Di Lombok, misalnya, XL mengoperasikan 14 BTS 4G LTE, sementara di kota Makassar, Sulawesi Selatan, hanya 1 buah yang tersedia.

"Tapi tentu ini karena masih awal saja. Kedepannya akan kami tambah," imbuh Ongki.

Dari 2G langsung ke 4G

XL Axiata sekarang telah menggelar layanan 4G di sejumlah kota di Indonesia, yakni Bogor, Medan, Yogyakarta, Mataram, Makassar, Balikpapan, dan Banjarmasin.

Denpasar dan Surabaya dijadwalkan menyusul pada minggu ketiga September mendatang, sementara Jakarta baru akan mendapat 4G LTE XL di urutan terakhir pada November, sesuai dengan jadwal penataan ulang spektrum 1.800 MHz yang disepakati bersama oleh pemerintah dan para operator seluler.

Spektrum 1.800 MHz XL masih banyak dihuni oleh pelanggan layanan 2G yang jumlahnya mencapai 70 persen dari keseluruhan jumlah pelanggan operator seluler tersebut.

Ongki mengatakan pihaknya berupaya mendorong para pelanggan 2G beralih agar bisa mengalokasikan pita yang lebih lebar di spektrum 1.800 untuk layanan 4G.

"Jadi, kami arahkan agar dari 2G langsung beralih ke 4G LTE," kata Ongki.

"Misalnya, kami menawarkan program bundling handset 4G dengan layanan seluler XL di daerah-daerah yang banyak memiliki pelanggan 2G, juga mengedukasi pelanggan agar menukar kartu SIM dengan, USIM card baru yang bisa dilakukan tanpa menunggu ketersediaan jaringan 4G LTE," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X