Kompas.com - 24/07/2015, 09:38 WIB
Drone pengawas ujian yang dipakai di Tiongkok edu.people.com.cnDrone pengawas ujian yang dipakai di Tiongkok
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sony melebarkan lini usahanya ke bisnis drone. Perusahaan asal Jepang tersebut telah menggandeng perusahaan robotik ZMP. Rencananya, Agustus mendatang bisnis gabungan itu akan diluncurkan dengan nama "Aerosense".

Dilansir KompasTekno, Jumat (24/7/2015) dari Techcrunch, Aerosense sebenarnya tak akan menjual drone, melainkan lebih ke arah menjual layanan berbasis drone. Sony dan ZMP lebih memilih memanfaatkan teknologi drone untuk penelitian dan pengembangan perusahaan.

Konsep usaha ini terbilang sederhana. Aerosense bakal membidik gambar dari langit dengan menggunakan drone, lalu hasil gambarnya dikombinasikan dengan pemrosesan data cloud.

Kolaborasi itu akan memunculkan data-data yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan untuk survey, observasi, dan inspeksi. Selain efisien dalam waktu, data yang terkumpul juga diklaim akurat.

Menurut Sony dan ZMP, sebenarnya tak mudah mengaplikasikan drone untuk keperluan serius. Sebab, selama ini pesawat pembawa kamera tak berawak tersebut kerap digunakan untuk kebutuhan seru-seruan semata.

Itulah yang menjadi tantangan Sony dan ZMP. Keduanya ingin menunjukkan potensi drone untuk sesuatu yang lebih besar. Teknologi sensor kamera dan jaringan telekomunikasi milik Sony dinilai pas berjodoh dengan teknologi robotik dan awak otomatis ZMP dalam pengembangan fungsi drone.

Kemitraan tersebut juga dianggap sesuai dengan cita-cita Sony sebagai pelopor teknologi yang mumpuni dalam mewujudkan Internet of Thing (IoT).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejauh ini, Sony dan ZMP tengah mempersiapkan berbagai teknologi untuk mengimplementasikan konsep mereka. Walau Aerosense diluncurkan Agustus, keduanya tak ingin buru-buru beroperasi. Aerosense dikatakan mulai efektif bekerja tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.