Waspada, Jangan Tertipu Tawaran "Update" Windows 10

Kompas.com - 03/08/2015, 12:51 WIB
Tampilan Start Menu di Windows 10 New York TimesTampilan Start Menu di Windows 10
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Jika Anda menantikan update sistem operasi baru Microsoft, Windows 10, sebaiknya berhati-hatilah karena ada pihak yang mencoba mengambil keuntungan dari momen ini.

Menurut Cisco Talos Group, penipu (scammer) yang meniru Microsoft mulai mengirim e-mail palsu yang menyertakan file lampiran (attachment) untuk upgrade ke Windows 10.

E-mail tersebut, seperti dikutip KompasTekno dari BGR, Sabtu (1/7/2015), sepintas resmi berasal dari Microsoft, serta menggunakan alamat update@microsoft.com.  Namun, jangan sampai tertipu, Microsoft tidak pernah mengirimkan e-mail dengan lampiran Windows 10.

Jika lampiran yang berupa ".zip" itu diunduh, lalu file ".exe" yang ada di dalamnya telanjur dijalankan, maka komputer pengguna akan terkurung oleh varian ransomeware yang disebut CTB-Locker.

BGR Ransomeware CTB-Locker
"Komputer itu akan terkurung dalam jangka waktu tertentu hingga pihak-pihak jahat ini menemukan cara untuk mencari uang dari komputer yang diinfeksi itu," ujar Talos Group.

Sebagai tindak pencegahan, pengguna Windows diminta untuk mem-backup data mereka, dan menyimpannya secara offline, atau lebih mudah lagi, tidak usah menghiraukan e-mail tersebut.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.