Kompas.com - 12/08/2015, 12:45 WIB
Logo Twitter. BBCLogo Twitter.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Twitter memberi kekuatan lebih bagi perusahaan untuk memahami dan "merangkul" massa. Mikroblog berlogo burung ini baru saja meluncurkan antarmuka pemrograman (API) untuk mengakses berbagai kicauan pengguna dari masa lalu dan masa kini dengan cara instan.

Bertajuk "Full-Archieve Search", API ini bisa melacak cepat lebih dari 500 miliar kicauan dalam kurun waktu 9 tahun. Menurut Twitter, bagi pebisnis, penting memahami masa lalu untuk memprediksi masa depan dan mempersiapkan taktik bisnis selanjutnya.

"Melalui akses instan ini, kami menciptakan solusi premium untuk ekosistem rekan kami dalam memenuhi kebutuhan klien-klien mereka," kata Twitter dalam blog resminya, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (12/8/2015).

Dalam praktiknya, akses cepat ini memungkinkan para perusahaan untuk mengkaji kicauan dari kampanye iklan masa lalu, respons layanan pelanggan, atau informasi peluncuran produk. Perusahaan bisa mengetahui kampanye mana yang bekerja sesuai harapan dan mana yang tidak.

"Ini adalah langkah besar untuk menjaring pendapat pengguna yang berguna dari data sosial," kata CEO media sosial untuk pengiklan Brandwatch, Giles Palmer pada Wired dan dihimpun KompasTekno.

Dengan ini, kata Palmer, perusahaan bisa memangkas asumsi dalam meramu strategi pemasaran yang lebih tepat. Sebab, data perilaku dan kebiasaan pengguna bisa dengan mudah didapat.

"Mimpi untuk menjangkau data real-time, mendalam, dan masukan-masukan yang tak bias pada skala global kini semakin terimplementasi," Palmer menambahkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Wired

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.