Apa Perlunya RAM Besar pada Smartphone?

Kompas.com - 18/08/2015, 10:06 WIB
Samsung Galaxy Note 5 Oik Yusuf/KompasTeknoSamsung Galaxy Note 5
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Ketika meresmikan kehadiran Galaxy Note 5 dalam sebuah acara di New York, AS, akhir minggu lalu, Samsung menyebutkan bahwa "phablet" tersebut dibekali dengan memori utama alias RAM (Random Access Memory) berkapasitas 4 GB, jumlah terbesar yang pernah ditanamkan dalam gadget mobile Samsung.

Sebenarnya apa perlunya kapasitas RAM yang berlimpah? Pengamat gadget Lucky Sebastian dari komunitas Gadtorade berbagi pandangan mengenai hal ini.

"Pengguna smartphone masa kini menjalankan banyak aplikasi yang memakan tempat pada RAM, misalnya saja aplikasi media sosial yang terus berjalan di latar belakang. Ini bisa membuat kinerja ponsel terhambat apabila kapasitas RAM sampai terpakai semua,"  kata Lucky dalam obrolan dengan KompasTekno di lokasi acara peluncuran Galaxy Note 5.

RAM, kata Lucky, tak ubahnya "jalan raya" untuk menjalankan "mobil" (aplikasi). Saat sebuah aplikasi dijalankan, data-data program akan diambil dari media penyimpanan atau internal storage, seperti mobil yang dikeluarkan dari garasi untuk dipakai di jalanan.

"Saat jalanan ini penuh, maka mobil yang baru berjalan tak bisa masuk. Mobil (aplikasi) lain harus dipinggirkan dulu untuk sementara. Proses inilah yang menghambat kinerja dan menghasilkan lag," kata Lucky memberi perumpamaan.

Dengan menyediakan RAM sebesar 4GB, maka Samsung memperlebar "jalanan" untuk aplikasi sehingga pengguna bisa menjalankan lebih banyak program sekaligus tanpa mengalami lagging.

Lucky menambahkan bahwa gadget seri Galaxy Note memang membutuhkan RAM dalam jumlah besar mengingat perangkat yang bersangkutan harus senantiasa menjalankan aplikasi-aplikasi pendukung untuk stylus S Pen.

"Karena itu, dengan menyediakan RAM 4 GB, pengalaman pengguna dalam memakai Galaxy Note 5 bisa dibuat menjadi lebih nyaman," tutupnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X