Kompas.com - 18/08/2015, 14:57 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Samsung telah resmi memperkenalkan duo phablet Samsung Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge dalam sebuah acara di New York, AS, minggu lalu. Kedua perangkat dijadwalkan mulai memasuki pasaran AS dan Kanada pada 21 Agustus mendatang.

Kapan mereka akan hadir di Indonesia? Direktur Pemasaran Samsung Indonesia Vebbyna Kaunang memastikan bahwa konsumen Tanah Air bakal turut kebagian Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus. Hanya saja, dia mengaku belum tahu tanggal pasti kedatangan kedua phablet.

"Yang jelas bisa saya sampaikan bahwa keduanya akan hadir tahun ini. Belum ada jadwal rilis global selain untuk wilayah AS dan Kanada" kata Vebby dalam percakapan dengan KompasTekno dan sejumlah rekan jurnalis lain dari Indonesia di New York, Jumat (14/8/2015).

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, gadget mobile Samsung tak butuh waktu lama untuk memasuki pasaran Indonesia semenjak pertama kali diperkenalkan. Phablet andalan terdahulu, Galaxy Note 4, misalnya, hadir di Tanah Air hanya berselang sebulan dari debut perdananya di Berlin pada September 2014.

Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus sendiri merupakan dua phablet yang mengusung spesifikasi identik, mencakup prosesor 64-bit octa-core Exynos 7420, RAM 4GB, kapasitas media interal 32GB atau 64GB, baterai 3.000 mAh, ukuran layar 5,7 inci (2560x1440), serta kamera 16 megapixel dengan OIS dan 5 megapixel di bagian depan.

Bedanya terletak ketersediaan stylus S Pen pada Galaxy Note 5, juga bentuk layar di mana display Galaxy S6 Egde Plus memiliki pinggiran kiri dan kanan yang melengkung untuk menampilkan sejumlah informasi atau shortcut, seperti pada smartphone Galaxy S6 Edge.

Vebbyna mengatakan Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5 yang dipasarkan di Indonesia akan dibuat di Indonesia pula, sesuai dengan persyaratan pemerintah soal tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Tapi ia tak menyebutkan berapa besar persentase TKDN yang sudah dipenuhi oleh produk-produk Samsung."

"Yang jelas, dua-duanya dibuat di Indonesia, sama dengan ponsel-ponsel 4G lain dari Samsung yang juga sudah dibuat di dalam negeri," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.