Kompas.com - 20/08/2015, 16:31 WIB
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Intel membantah mitos-mitos yang ada selama ini seputar dunia game dalam presentasi yang dibawakan oleh Doug Fisher, GM Software and Services Group Intel di ajang Intel Developer Forum 2015, Rabu (19/8/2015).

Menurut Fisher, dunia gaming yang ada sekarang ini sudah jauh berbeda dari lima hingga sepuluh tahun yang lalu, sehingga anggapan-anggapan seputar dunia game saat itu sudah berlaku lagi sekarang.

Pertama-tama, Fisher menyangkal mitos bahwa hanya kaum remaja saja yang bermain game. Kenyataannya, di Amerika Serikat (AS) saja saat ini umur rata-rata pemain game adalah 35 tahun.

Kedua, Fisher menyangkal bahwa dunia game itu adalah mainan kaum pria. Pada kenyataannya, sebanyak 48 persen dari gamer di AS ternyata adalah kaum perempuan. Sementara 74 persennya adalah gamer anak-anak.

Namun Fisher juga mencatat bahwa saat ini masih sedikit pelaku game dari kaum perempuan, hanya sekitar 5 persen yang berkompetisi di e-sports.

Yang ketiga, anggapan bahwa game hanyalah hobi sampingan juga tidak berlaku lagi saat ini. Sebab, menurut Fisher, pemain game (gamer) saat ini sudah menjadi salah satu profesi.

"Ada profesi gamer profesional bagi yang ingin serius, dan ada kompetisinya," ujar Fisher di ajang IDF 2015 di San Francisco, Selasa (18/8/2015).

Terakhir, Fisher menyangkal bahwa game hanya dinikmati oleh pemainnya. Padahal, di setiap perhelatan kompetisi game, tak kurang dihadiri oleh 205 juta penonton dan menarik pemain dari 180 negara.

Intel sendiri saat ini memiliki event game Extreme Masters yang bekerja sama dengan ESL, liga Esport (Electronic Sports) terbesar di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.