Kompas.com - 25/08/2015, 10:01 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sejak akhir 2014, Google mulai mengembangkan produk kontak lensa pintar. Alat bantu penglihatan tersebut mampu sekaligus mengukur level gula darah dalam tubuh.

Proyek ini merupakan salah satu fokus proyek masa depan Google dalam bidang kesehatan. Untuk mengembangkan kategori produk pintar teranyar ini, Google menggandeng tim peneliti kesehatan Life Science.

Dilansir KompasTekno, Senin (24/8/2015) dari Techradar, kontak lensa pintar akan mengirimkan informasi tingkat gula darah ke perangkat elektronik pengguna. Bisa berupa smartphone maupun tablet.

Tak hanya itu, kontak lensa pintar ini juga bisa memonitor kesehatan jantung. Cukup menyematkan lensa tersebut pada mata pengguna dan menghubungkannya ke smartphone, maka pengguna bisa tiap saat mengetahui informasi kesehatan tubuh.

Sejauh ini, pengembangan kontak lensa pintar sudah hampir rampung. Disinyalir, berkat  Sergey Brin dan Larry Page fokus ke perusahaan induk Google, Alphabet, realisasi produk pintar teranyar ini lebih cepat.

"Produk masih akan ditindaklanjuti untuk tes klinik. Semoga produk ini bisa mengubah cara manusia mendeteksi, mencegah dan menanggulangi penyakit," kata Brin.

Diketahui, kontak lensa pintar digodok di Google X Lab. Sejak awal Agustus, Google X Lab langsung dibawahi Alphabet, beriringan dengan perusahaan mesin pencari Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechRadar
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.