7 Smartphone Adu Cepat Di-charge, Juaranya?

Kompas.com - 26/08/2015, 14:28 WIB
Model menunjukkan smartphone Asus Zenfone 2 dalam acara peluncuran di Jakarta, Selasa (21/4/2015) Oik Yusuf/ Kompas.comModel menunjukkan smartphone Asus Zenfone 2 dalam acara peluncuran di Jakarta, Selasa (21/4/2015)
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Teknologi pengisian daya cepat (quick charging) pada smartphone mulai jadi tren. Para vendor berlomba-lomba menelurkan produk paling cepat dalam pengisian baterai.

Dalam sebuah pengujian oleh TomsGuide dijejerkan tujuh smartphone kelas atas, yaitu Asus Zenfone 2, Galaxy S6, Google Nexus 6, OnePlus 2, LG G4, Motorola Droid Turbo, dan iPhone 6.

Semuanya dijajal hingga baterai tersisa lima persen. Pada tahap itulah pengetesan dimulai.

Berdasarkan pengujian dari TomsGuide yang dihimpun KompasTekno, Rabu (26/8/2015), Asus Zenfone 2 dan Samsung Galaxy S6 adalah smartphone dengan pengisian daya paling cepat. Walau, alur kecepatan pengisiannya berbeda.

TomsGuide uji kecepatan baterai smartphone

Pada lima menit pertama pengisian, baterai Zenfone 2 meningkat jadi 17 persen. Sementara itu baterai Galaxy S6 hanya mampu terisi hingga 11 persen. Google Nexus 6 dan OnePlus 2 berada di atas Galaxy 6 dengan baterai terisi 12 persen.

TomsGuide uji kecepatan baterai smartphone

Pengisian kembali dicek setelah 15 menit. Hasilnya, Zenfone 2 tetap memimpin dengan pengisian mencapai 32 persen. Menyusul Galaxy S6 yang menelikung dua pesaing awalnya dengan baterai terisi 27 persen.

TomsGuide uji kecepatan baterai smartphone

Setelah 30 menit, baterai Zenfone 2 dan Galaxy S6 sama-sama terisi 53 persen. Ini memperlihatkan sistem pengisian Galaxy S6 yang pelan di awal lalu agresif di akhir. Berbeda dengan Zenfone 2 yang gesit di awal namun stagnan di akhir.

TomsGuide uji kecepatan baterai smartphone

Jika diakumulasikan hingga baterai mencapai 80 persen, Galaxy S6 hanya butuh waktu 48 menit. Sedikit lambat, Zenfone 2 butuh 56 menit hingga baterainya terisi 80 persen.

Begitu pula yang terjadi untuk pengisian hingga 100 persen. Galaxy S6 memimpin dengan waktu yang dibutuhkan cuma 1 jam 22 menit. Sementara itu Zenfone jauh melambat dengan waktu tempuh pengisian 1 jam 49 menit.

Pada tahap pengisian penuh ini, G4, Droid Turbo dan Nexus 6 berada di atas Zenfone 2. Cepat mengisi di awal barangkali membuat Zenfone 2 semakin lelah di akhir pengisian.

Walau pada akhirnya Galaxy S6 memimpin, perlu diketahui bahwa kapasitas bateri ponsel tersebut hanya 2550 mAH. Sementara itu, Zenfone 2 memiliki kapasitas 3000 mAH. Dengan begitu, bisa dibilang performa kecepatan pengisian baterai Zenfone 2 dan Galaxy S6 sejajar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber TomsGuide
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X