Pemblokir Iklan "Adblock" Tampil Beda di iOS dan Android

Kompas.com - 09/09/2015, 10:32 WIB
Aplikasi AdBlock browser di Play Store. Play StoreAplikasi AdBlock browser di Play Store.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah dirilis dalam bentuk Beta, kini Eyeo selaku pengembang aplikasi pemblokir iklan AdBlock Plus menghadirkan aplikasi tersebut secara resmi ke platform Android dan iOS.

Adblock Plus di perangkat mobile tersedia dalam bentuk aplikasi browser sendiri dengan nama AdBlock Browser. Berbeda dengan platform PC/desktop, AdBlock Plus hadir sebagai plug-in browser-browser populer.

Sama dengan pengalaman di desktop, AdBlock Browser untuk mobile juga memungkinkan penggunanya browsing lebih cepat tanpa harus melihat atau menjalankan iklan.

Pengguna juga tetap bisa membuat whitelist, situs-situs mana saja yang tetap dibolehkan menampilkan iklan.

Dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (9/9/2015), aplikasi tersebut diklaim oleh pngembangnya bisa memberikan pengalaman browsing lebih cepat, selain menghemat daya baterai dan data mobile.

Sebelumnya, AdBlock Plus sempat dilarang oleh Google untuk beredar di Play Store, begitu pula dengan aplikasi pemblokir iklan lainnya.

Bedanya kali ini, pengembang menghadirkan aplikasi AdBlock sebagai browser sendiri, bukan sebagai plug-in untuk browser-browser lain. Karena itu, Google membolehkannya beredar di Play Store.

Sementara di plaform iOS, pengembang merilis aplikasi ini sebagai antisipasi sebelum iOS 9 banyak beredar. Seperti diberitakan sebelumnya, Apple juga mengizinkan aplikasi browser pemblokir iklan ini di sistem operasi iOS 9.

AdBlock Browser untuk Android bisa diunduh di Play Store melalui tautan berikut ini. Sementara untuk platform iOS bisa diunduh melalui tautan berikut ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X