Kompas.com - 17/09/2015, 16:34 WIB
Logo Apple di Bill Graham Ciciv Auditorium, San Francisco, AS. The VergeLogo Apple di Bill Graham Ciciv Auditorium, San Francisco, AS.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pertengahan 2015, Apple mengeluarkan iklan video untuk iPhone. Vendor asal Cupertino tersebut menjelaskan kemandiriannya membangun software dan hardware pada tiap lini ponselnya.

Hal ini secara tidak langsung menyindir para kompetitor yang umumnya menggunakan software dari pihak ketiga (Android) dan bergantung pada partisi hardware dari perusahaan lain (SoC Qualcomm Snapdragon) untuk menggodok produk berkualitas.

Lewat iklan tersebut, Apple menegaskan bahwa semua komponen produk yang ia sisipkan adalah orisinal dan tak akan pernah bisa disamai para kompetitor. "Jika bukan iPhone, itu bukan iPhone," begitu kalimat penutup iklan.

Iklan Apple itu juga menyindir vendor lain yang membuat ponsel yang desainnya sangat mirip dengan iPhone.

Menyambut sindiran tersebut, Samsung juga mengeluarkan iklan video, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (17/9/2015).

Dalam iklan tersebut, Samsung menonjolkan kemampuan penyesuaian personal (customization) yang dimiliki produk-produknya. Diketahui, Apple memang kurang unggul dari sisi ini.

Hanya dua hal yang bisa diatur ulang oleh pengguna iPhone, yakni ikon aplikasi tertentu dan gambar background. Widget untuk homescreen, paket ikon atau suara tema tak bisa diganti-ganti dari ketentuan rancangan iOS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tentu kau bisa mengganti background, tapi kenapa hanya berhenti di situ?" begitu kalimat yang dilontarkan Samsung menjelang akhir iklan.  Kalimat penutupnya pun menggunakan copywrite serupa dengan Apple. Intensinya tampak seakan ingin membalas sindiran yang lebih dulu diutarakan Apple.

"Jika tak mirip ponselmu, maka itu bukan ponselmu," kata Samsung lewat iklannya. 

Berikut iklan Apple dan Samsung yang saling sindir satu sama lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.