Kompas.com - 25/09/2015, 12:43 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah menggunakan desain berbentuk kotak, Pebble akhirnya mengikuti tren pasar. Perusahaan asal AS itu baru saja merilis Time Round, jam tangan pintar dengan desain bundar pertamanya.

Pebble terlihat sangat serius dalam menggarap produknya ini. Perusahaan ini mengklaim bahwa perangkatnya ini merupakan arloji pintar berbentuk bundar tertipis dan teringan di dunia.

"Dengan ketipisan 7,5 mm dan bobot hanya 28 gram, Pebble Time Round merupakan smartwatch tertipis dan teringan di dunia," tulis Pebble dalam situs resminya. Sebagai pembanding, smartwatch bundar milik Motorola, Moto 360, memiliki ukuran tebal 11,4 mm dengan bobot 49 gram.

Pebble Time Round hadir dengan bahan metal, mirip dengan Pebble Time Steel. Ia, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Jumat (25/9/2015), memiliki diameter yang cukup besar, yakni 38,5 mm.

Pebble menyiapkan dua jenis tali atau strap untuk perangkat ini, satu untuk pria dan sisanya ditujukan untuk wanita. Keduanya dibedakan berdasarkan ukuran, si pria bisa membeli tali berukuran 20 mm, sedangkan wanita bisa mendapatkan tali dengan ukuran lebih kecil, yakni 14 mm.

Spesialnya, tali dengan ukuran lebih kecil akan mendapatkan pilihan warna yang lebih feminin, seperti rose gold, sebagai tambahan dari warna silver dan hitam.

Pebble Time Round masih mengusung layar e-paper warna, membuatnya cukup nyaman untuk dilihat di bawah sinar matahari. Layar tersebut juga masih belum menggunakan teknologi sentuh, seperti kebanyakan jam tangan pintar dari brand lain.

Perangkat tersebut juga masih menggunakan konfigurasi empat tombol yang sama dengan Pebble sebelumnya. Tiga tombol di sisi kanan bisa digunakan untuk bernavigasi dan satu tombol back. Perangkat ini juga menggunakan software "timeline" yang sama dengan Pebble Time dan Time Steel.

Pebble Time Round mendapatkan kemampuan anti percikan air, tetapi tidak bisa diajak menyelam ke bawah air. Ya, ia tidak diberikan kemampuan anti air yang sama dengan produk Pebble sebelumnya.

Dari segi baterai, perangkat ini tidak memiliki kemampuan sebaik saudara-saudaranya. Apabila Pebble lain bisa bertahan selama 4 hingga 7 hari, Pebble Time Round hanya bisa bertahan selama 2 hari saja.

Namun, Pebble memberi kemampuan pengisian daya yang lebih cepat. Hanya mengisi daya selama 15 menit, perangkat tersebut diklaim dapat hidup selama 24 jam atau seharian penuh.

Pebble Time Round sendiri sudah bisa dipesan melalui situs resmi Pebble dengan harga 250 dollar AS atau sekitar Rp 3,6 juta. Perangkat ini baru akan tersedia secara resmi pada 8 November mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.