Layar Lockscreen Android Jadi Lapak Iklan

Kompas.com - 29/09/2015, 12:29 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Layar lockscreen (kunci) di smartphone Android direncanakan dipasangi iklan. Sebagai imbalan, pengguna yang melihat iklan tersebut bisa mengoleksi poin dan menukarkannya dengan paket data.

Hal tersebut telah dilakukan oleh PopSlide, perusahaan pembuat platform iklan mobile milik YopYo Holdings asal Singapura.

Mengingat rata-rata pengguna Android mengecek ponselnya 50 kali per hari, maka bisnis ini dipandang akan berpotensi dan menguntungkan, baik dari pengiklan maupun pengguna.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Senin (28/9/2015), pengguna bisa mengumpulkan poin yang setara dengan 72 jam paket data. Jumlah tersebut dikatakan mencukupi untuk kebutuhan data selama satu bulan.

Beberapa perusahaan besar mulai melirik model bisnis ini. beberapa di antaranya adalah McDonald's, Unilever, Nestle, dan Intel.

YoYo memulai proyeknya tersebut dengan berbasis browser bernama Candy yang diluncurkan di Filipina pada 2013 lalu. Candy cukup sukss, mampu menarik 30.000 unduhan dalam waktu tiga minggu setelah diluncurkan.

YoYo kemudian meluncurkan PopSlide pada Agustus 2014, dan berekspansi ke Indonesia dan Vietnam. Menurut CEO Yoyo, Yosuke Fukada, PopSlide telah menarik 800.000 pengguna di Singapura, Indonesia, dan Vietnam.

Fukada mengatakan, melalui PopSlide, ia ingin memberikan akses internet mobile gratis kepada mereka penghuni dasar piramida ekonomi.

Banyaknya pelanggan pre-paid yang kebanyakan juga tidak memiliki rekening di bank menjadi target PopSlide di negara-negara berkembang.

PopSlide dikatakan Fukada menarget penggunanya berdasar umur, gender, dan lokasi GPS agar iklan yang ditampilkannya di layar lockscreen tidak mengganggu.

Selain PopSlide, model bisnis yang sama juga diperkenalkan oleh perusahaan asal Korea Selatan, Slidejoy. Menurut pengakuan Slidejoy kepada media, pengguna Slidejoy bisa mendapatkan rata-rata 6 dollar AS per bulan.

Tertarik mencobanya? PopSlide Android bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.