iPhone 6S Plus Dijual Tiga Kali Lebih Mahal

Kompas.com - 02/10/2015, 08:35 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Smartphone layar lebar iPhone 6S Plus yang baru saja diluncurkan oleh Apple pada September lalu, ternyata terdiri atas komponen yang jika ditotal harganya hanya mencapai 236 dollar AS.

Padahal, Apple membanderol smartphone terbarunya itu dengan harga retail 749 dollar AS, nyaris tiga kali lipat lebih mahal.

Hal tersebut terungkap setelah analisa yang dilakukan oleh IHS Technology terhadap iPhone 6S Plus.

Perusahaan analisa tersebut membongkar smartphone terbaru keluaran Apple untuk melihat komponen apa saja yang dipakai, menganalisa biaya berdasar materi yang dipakai, berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka di industri komponen elektronik.

Lalu, komponen apa saja yang membentuk iPhone 6S Plus dan berapa harganya?

Komponen termurah menurut IHS berasal dari penyimpanan flash ponsel yang estimasinya sekitar 35 sen per gigabyte. Jadi, untuk membuat ponsel dengan kapasitas penyimpanan 64 GB, Apple mengeluarkan ongkos 17 dollar AS lebih mahal dibanding kapasitas 16 GB.

Sementara di pasaran, Apple menjual iPhone 6S 64 GB dengan banderol harga 100 dollar AS lebih mahal dibanding model penyimpanan 16 GB.

Temuan IHS lainnya, Apple menghabiskan biaya 52,5 dollar AS untuk layar sentuh iPhone 6S Plus dengan fitur 3D Touch.

Menurut IHS, Apple hanya menambahkan satu lapis layar yang mengenali tekanan, harga komponen elektronik lapisan layar baru tersebut per unitnya hanya sekitar 10 dollar AS.

Prosesor A9 yang diusung iPhone 6S dan 6S Plus harganya sekitar 22 dollar AS.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Recode
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.