Kompas.com - 04/10/2015, 17:18 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Google telah lama menggunakan frasa "Don't be evil" sebagai moto perusahaan. Ideologi tersebut dijadikan acuan dalam menjalankan perusahaan yang berdiri sejak 1998.

Agustus 2015 lalu, Google membentuk perusahaan induk bertajuk "Alphabet". Kini, perusahaan induk yang menaungi banyak lini usaha, termasuk Google, punya ideologi baru.

"Do the right thing", begitu moto Alphabet yang tertera pada kode etik perusahaan, sebagaimana dilaporkan Engadget dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (3/10/2015).

Dalam penjabarannya, "Do the right thing" yang dimaksud Alphabet adalah patuh pada hukum, bertindak terhormat dan memperlakukan sesama pekerja dengan baik serta saling menghargai.

Penjelasan tersebut mengindikasikan Alphabet sebagai perusahaan induk yang menaungi anak-anak perusahaannya dengan cara bijak, keibuan, serta berupaya menghindari berbagai konflik kepentingan.

Pun berbeda moto, hal tersebut tak berarti ideologi Google dan Aplhabet menjadi bertentangan. Hanya saja, moto Alphabet dianggap sebagai versi lebih "main aman" dibandingkan Google. Perbedaan moto juga diindikasikan sebagai upaya Alphabet membentuk iklim perusahaan yang berbeda dengan Google

Terlepas dari itu semua, moto "Don't be evil" Google kerap dianggap tak sesuai dengan berbagai kebijakan yang ditelurkan. Pada 2010 lalu, pendiri Apple Steve Jobs mengatakan bahwa moto "Don't be evil" milik Google sebagai omong kosong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.