Telkomsel Boyong Situs Berbagi Kado ke Indonesia

Kompas.com - 07/10/2015, 07:20 WIB
Vice President Digital Advertising Telkomsel Haryati Lawidjaja, CEO & Co-Founder Access Mobile Eunjae Won, Managing Director Access Mobile Indonesia Danny Jong dan General Manager Retail & Couponing Telkomsel Edwin Ariono. Yoga Hastyadi Widiartanto/KompasTeknoVice President Digital Advertising Telkomsel Haryati Lawidjaja, CEO & Co-Founder Access Mobile Eunjae Won, Managing Director Access Mobile Indonesia Danny Jong dan General Manager Retail & Couponing Telkomsel Edwin Ariono.
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel bekerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan, Access Mobile meluncurkan sebuah situs ecommerce bernama eKado.co.id. Melalui situs ini, pengguna layanan operator pelat merah itu bisa berbagi kado dengan sesama pengguna dalam bentuk voucher elektronik.

Kendati mengusung tema berbagi hadiah, eKado bisa digolongkan sebagai ecommerce daily deals. Cara penggunaannya adalah dengan mengunjungi situs dan membeli voucher tertentu, misalnya es krim dengan potongan harga 80 persen, kemudian mendapatkan kode yang bisa dikirimkan ke teman untuk ditukarkan di outlet offline.

"eKado adalah mobile gifting service yang cukup sukses di Korea karena itu kami membawanya ke Indonesia, menyesuaikan dan menawarkannya ke pengguna," pungkas Chief Executive Officer Access Mobile Eunjae Won, saat ditemui KompasTekno di sela
eKado di Jakarta, Selasa (6/10/2015).

Won menilai potensi bisnis ecommerce di Tanah Air masih sangat besar dan belum tergarap. Dari total seluruh penduduk Indonedia, baru sekitar 3 persen saja yang sudah dijangkau layanan belanja online.

Dia menekankan bahwa layanan eKado berbeda dengan situs daily deals lain yang umumnya memberikan batas waktu tertentu saat menjual barang milik merchant. Layanan eKado justru menerapkan batas waktu terhitung dari saat pembeli melakukan pembayaran.

eKado saat ini bekerjasama dengan sekitar 24 merchant yang antara lain menawarkan makanan, minuman dan layanan hiburan. Won menambahkan pada mereka berniat memperluas kerjasamanya dengan merchant lain pada 2016.

"Selanjutnya kami juga ingin menawarkan barang-barang lifestyle dan produk selain makanan atau minuman. Kami juga ingin membuat aplikasi mobile iOS atau Android," imbuhnya.

Mulai dari Pengguna Telkomsel

Melalui kerjasama ekslusif dengan Telkomsel, eKado mendapatkan akses ke sekitar 149 juta orang pelanggan layanan telekomunikasi. Dari total jumlah tersebut, pasar yang diincarnya adalah anak-anak muda atau sekitar 35 juta orang.

Vice President Digital Advertising Telkomsel Haryati Lawidjaja mengatakan mereka mendukung eKado dengan analisa big data. Analisa ini berfungsi memberikan insight mengenai behaviour pelanggan sehingga setiap deals yang ditawarkan eKado bisa sampai ke orang yang tepat.

"Kami mendukung dengan analisa big data. Kami mengetahui behaviour pelanggan, tapi menjamin privasinya dan tidak menyebarkan ke luar. Misalnya ada promo Wacoal, maka kami bisa memberi tahu hanya pada pengguna perempuan saja," jelas wanita yang akrab disapa Fey itu.

Karena kerjasama tersebut ekslusif, hanya pengguna Telkomsel saja yang bisa mendaftar di eKado. Pembayarannya pin bisa menggunakan Tcash, yaitu uang elektronik Telkomsel, dan pilihan lain sepeeti transfer bank, kartu kredit serta Mandiri ClickPay

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X