23 Oktober, Xperia Z5 Sudah Bisa Dipesan

Kompas.com - 22/10/2015, 08:05 WIB
Sony Mobile Communication Trio Sony Xperia Z5, Z5 Compact dan Z5 Premium

JAKARTA, KOMPAS.com - Sony resmi memperkenalkan trio Xperia "Z5", "Z5 Compact" dan "Z5 Premium" pada ajang IFA 2015 di Berlin, Jerman, September lalu. Kini, Sony siap memboyong flagship teranyarnya ke tanah air.

Dua hari lagi, atau 23 Oktober 2015, duet Z5 dan Z5 Compact sudah bisa dipesan melalui situs belanja Dino Market. Ketersediaan resminya baru pada 4 November 2015.

Sementara itu, varian paling unggul dari trio tersebut, Z5 Premium, belum dijadwalkan masuk ke pasar Indonesia.

"Nanti akan menyusul, tapi untuk sekarang baru Z5 dan Z5 Compact," kata Head of Marketing Sony Mobile Communication Indonesia Ika Paramita, Rabu (21/10/2015) pada acara "Preview Xperia Z5" di Restoran Kembang Goela, Jakarta.

Seperti yang sudah-sudah, kamera menjadi andalan Sony dalam memamerkan ponsel buatannya. Jika Z3 Plus dibenamkan lensa 20,7 megapiksel, Z5 bersaudara menunjukkan peningkatan kualitas dengan lensa kamera 23 megapiksel.

Dengan spesifikasi lensa dan sensor demikian, Sony mengklaim gambar yang dihasilkan tak hanya tajam dan jernih, namun juga bisa di-zoom hingga lima kali tanpa terjadi penurunan kualitas yang signifikan.

Selain itu, keluarga Xperia Z5 juga mengembangkan teknologi autofocus yang diklaim tercepat saat ini. Hanya dalam waktu 0,03 detik, objek yang dibidik sudah otomatis fokus.

Fitur andalan lainnya adalah pemindai sidik jari untuk membuka kunci ponsel. Pengguna cukup menyentuh tombol kunci di sisi samping perangkat.

"Pemindai jari ini bisa mengakomodir hingga 5 sidik jari," kata Ika.

Lalu, apa perbedaan tiga bersaudara Xperia Z5?

Pembeda yang paling mencolok terlihat dari ukuran, tampilan layar, jumlah slot SIM, kapasitas RAM dan kapasitas baterai.

Z5 Premium mengusung layar 5,5 inci dengan tampilan 4k. "Bukan hanya untuk merekam video. Tapi layar tampilannya untuk menonton juga sudah 4k. Z5 Premium adalah smartphone pertama dengan kemampuan seperti ini," Ika menjelaskan.

Sementara itu, Z5 dan Z5 Compact masing-masing mengusung layar 5,2 inci dan 4,6 inci. Untuk spesifikasi layarnya, Z5 masih Full HD (1080p), sedangkan Z5 Compact dirasa cukup dengan tampilan 720p.

Z5 dan Z5 Premium merupakan ponsel dual SIM sedangkan Z5 Compact hanya menyediakan satu slot SIM. Menurut Ika, perbedaan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

"Pengguna Z5 Compact adalah mereka yang mengutamakan ponsel kecil dan tipis. Makanya ruang slot SIM diefisiensikan," kata dia.

Adapun RAM pada Z5 dan Z5 Premium dipatok 3GB. Sementara pada Z5 Compact, RAM 2GB dianggap pas untuk menjalankan fungsinya.

Baterai ketiganya juga berkapasitas beda. Xperia Z5 Premium memiliki kapasitas baterai paling besar, yakni 3430 mAH. Sedangkan Z5 2900 mAH dan Z5 Compact 2700 mAH.

Sampai sekarang, Sony belum mau membeberkan harga trio Xperia Z5 untuk pasar Indonesia. Kejelasan harganya bakal ketahuan pada 23 Oktober mendatang. 


EditorWicak Hidayat


Close Ads X