Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Perkenalkan “Slideshow”, Video Iklan untuk Internet Pelan

Kompas.com - 31/10/2015, 13:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Tak semua orang di bumi menikmati internet cepat dengan perangkat smartphone. Banyak penduduk di negara-negara berkembang -termasuk Indonesia- masih mengandalkan feature phone dengan koneksi 2G.

Untuk itulah pada Jumat (30/10/2015) kemarin, Facebook memperkenalkan Slideshow, video iklan yang khusus dibikin agar dapat ditonton dengan lancar walaupun pengguna masih terbatas dengan internet pelan.

“Tak peduli apapun perangkat yang dipakai oleh pengguna, apakah (feature phone) Nokia Asha, BlackBerry, Android, iPhone 6S, atau apapun gadget baru yang akan meluncur nanti,” ujar Product Manager Emerging Market Monetization Facebook Nikila Srinivasan dalam video conference perkenalan Slideshow.

Bentuk Slideshow sendiri sesuai namanya, yakni gabungan beberapa foto (still picture) yang digabungkan menjadi sebuah video slideshow. Facebook menyediakan koleksi stock photo yang bisa dipakai pengiklan untuk membuat video slideshow.

Untuk saat ini Slideshow belum menyertakan audio, namun Srinivasan berjanji bahwa suatu saat nanti fitur suara pendamping bakal turut disertakan.

Slideshow diklaim lebih hemat biaya karena tak membutuhkan proses produksi serumit video iklan konvensional.

Karena tampilannya yang memang sederhana, bentuk iklan baru di Facebook ini juga dirancang hemat bandwidth sehingga disebut cocok untuk menyasar audience di negara berkembang.

“Kita tahu ada jutaan orang yang masih memakai feature phone. Jadi, mengapa tidak memberikan cara kepada brand agar dapat menjangkau mereka?” ujar Srinivasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com