Facebook Perkenalkan “Slideshow”, Video Iklan untuk Internet Pelan

Kompas.com - 31/10/2015, 13:15 WIB
Ilustrasi Facebook Slideshow FacebookIlustrasi Facebook Slideshow
Penulis Oik Yusuf
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Tak semua orang di bumi menikmati internet cepat dengan perangkat smartphone. Banyak penduduk di negara-negara berkembang -termasuk Indonesia- masih mengandalkan feature phone dengan koneksi 2G.

Untuk itulah pada Jumat (30/10/2015) kemarin, Facebook memperkenalkan Slideshow, video iklan yang khusus dibikin agar dapat ditonton dengan lancar walaupun pengguna masih terbatas dengan internet pelan.

“Tak peduli apapun perangkat yang dipakai oleh pengguna, apakah (feature phone) Nokia Asha, BlackBerry, Android, iPhone 6S, atau apapun gadget baru yang akan meluncur nanti,” ujar Product Manager Emerging Market Monetization Facebook Nikila Srinivasan dalam video conference perkenalan Slideshow.

Bentuk Slideshow sendiri sesuai namanya, yakni gabungan beberapa foto (still picture) yang digabungkan menjadi sebuah video slideshow. Facebook menyediakan koleksi stock photo yang bisa dipakai pengiklan untuk membuat video slideshow.

Untuk saat ini Slideshow belum menyertakan audio, namun Srinivasan berjanji bahwa suatu saat nanti fitur suara pendamping bakal turut disertakan.

Slideshow diklaim lebih hemat biaya karena tak membutuhkan proses produksi serumit video iklan konvensional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena tampilannya yang memang sederhana, bentuk iklan baru di Facebook ini juga dirancang hemat bandwidth sehingga disebut cocok untuk menyasar audience di negara berkembang.

“Kita tahu ada jutaan orang yang masih memakai feature phone. Jadi, mengapa tidak memberikan cara kepada brand agar dapat menjangkau mereka?” ujar Srinivasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.