Kompas.com - 13/11/2015, 15:46 WIB
Lobby YouTube Space Tokyo yang terletak di lantai 29 Mori Tower, Roppongi, Tokyo, Jepang. Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comLobby YouTube Space Tokyo yang terletak di lantai 29 Mori Tower, Roppongi, Tokyo, Jepang.
|
EditorReza Wahyudi
TOKYO, KOMPAS.com - Membuat konten video kini semakin mudah dengan semakin canggihnya kamera ponsel. Tapi perlu diperhatikan bahwa membuat video yang baik, terutama untuk YouTube, harus mempertimbangkan beberapa hal.

KompasTekno, Selasa (10/11/2015), sempat mengunjungi ruang kreasi YouTube Space di Tokyo dan bertemu dengan Head of YouTube Space Tokyo Dorian Stone yang memberi wejangan soal pembuatan video ini.

Singkatnya ada empat hal penting yang mesti diperhatikan saat membuat video untuk YouTube, simak rangkuman berikut.

1. Konsistensi

Jika ingin memiliki subscriber yang setia, diperlukan konsistensi konten yang dibuat. Contohnya soal waktu perilisan, beberapa kreator top di YouTube secara konsisten merilis video mereka di hari tertentu.

Namun konsistensi bukan soal waktu tayang saja. Intinya adalah bagaimana membuat konten video yang ditampilkan di YouTube bisa dengan mudah masuk ke ingatan subscriber.

"Misalnya, kalau biasa upload jam 8 malam tiap minggu, maka upload selalu di waktu tersebut. Seperti halnya siaran TV,  pilih juga host yang menarik. Kemudian buat format yang konsisten dan menarik," pesan Stone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Shareability

Di media sosial, shareability berarti potensi sebuah konten bisa menjadi viral. Ini berkaitan dengan kesan yang diperoleh seseorang ketika mereka menonton video buatan Anda, sehingga mereka berpikir untuk langsung membagikan konten tersebut.

Umumnya orang akan membagikan konten yang relevan dengan situasinya atau memiliki unsur-unsur praktis dan menarik. Misalnya dengan memberi judul, "5 Kecelakaan Terburuk yang Terjadi Tahun Lalu" atau "25 Cara Memakai Scarf dalam 4,5 Menit".

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.