Kompas.com - 15/11/2015, 20:15 WIB
Logo baru Facebook The Next WebLogo baru Facebook
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Di masa yang akan datang, sistem jejaring sosial Facebook bakal memberi peringatan, apabila pengguna ingin membagikan foto anak atau keluarga lain di linimasanya. Dengan adanya sistem baru ini, diharapkan keamanan dan privacy pengguna akan semakin terjaga.

Kemungkinan hadirnya fitur keamanan tersebut dibeberkan oleh Jay Parikh, Vice President of Engineering Facebook dalam acara media di Bloomsbury, Inggris.

Menurutnya, setiap hari ada sekitar 2 miliar yang diunggah ke situs Facebook. Dari foto sebanyak itu, ada banyak foto yang menampilkan wajah teman, anak, hingga anggota keluarga lain.

Memang foto-foto tersebut terdengar biasa saja. Akan tetapi, bisa saja ada pedofilia atau "predator" yang mengincar anak Anda. Dengan diunggahnya foto anak, penjahat tersebut bisa lebih mudah melacak korbannya.

Untuk mencegah hal tersebut, Facebook, masih menurut Parikh, akan membuat sistem peringatan apabila orangtua ingin mengunggah foto anaknya. Dengan cara seperti ini, kegiatan pelaku pedofilia bisa semakin dibatasi di Facebook.

"Jika saya ingin mengunggah foto anak bermain di taman dan secara tidak sengaja membagikannya kepada publik, sistem ini akan berkata: 'Hey, tunggu sebentar, ini adalah foto anak Anda, biasanya foto seperti ini hanya dibagikan ke anggota keluarga, apakah benar-benar ingin dilakukan?'," ujar Parikh, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Jumat (13/11/2015).

Dengan adanya peringatan tersebut, pengguna bakal berpikir dua kali sebelum benar-benar mengunggahnya. Meskipun begitu, keputusan akhir untuk mengunggah tetap ada di tangan si pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya, belum diketahui kapan fitur privacy seperti ini akan diimplementasikan oleh Facebook.

Apakah Anda memiliki cara untuk melindungi anak di media sosial, terutama Facebook? Bagikan pengalaman di bagian "Comment" di bawah ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.