Kompas.com - 18/11/2015, 10:05 WIB
EditorWicak Hidayat

Tulisan ini adalah bagian dari mini seri "Tiga Hari di Silicon Valley”, sebuah rangkaian tulisan yang mencoba mengurai beberapa pengalaman dan pelajaran dari kunjungan ke Google, sang raksasa Silicon Valley, yang mungkin bisa bermanfaat bagi kita semua.

KOMPAS.com - Mungkin karena bertepatan dengan rencana kunjungan Presiden Indonesia ke Silicon Valley atau memang karena berhadapan dengan media dari Indonesia, hampir semua petinggi Google yang ditemui sempat membicarakan Indonesia.

Dalam bincang santai sebelum peresmian kerjasama Project Loon dengan operator telekomunikasi Indonesia, pendiri Google Sergey Brin pun sempat berkata bahwa ia ingin mengunjungi Indonesia.

“Saya kira, meski jarak fisik dari sini ke Indonesia sangat jauh, tapi secara emosional jaraknya menjadi semakin dekat,” tutur Brin saat memberikan sambutan di peresmian tersebut.

Satu dari Tiga Negara Penting

Di kesempatan yang berbeda, Caesar Sengupta, VP Product Management Google, mengatakan bahwa Indonesia adalah satu dari tiga negara paling penting dalam upaya pengembangan Google.

Upaya bertajuk “The Next Billion User Effort” adalah sebuah inisiatif dari Google untuk menjangkau pengguna lebih banyak lagi yang selama ini belum mereka raih. Tiga negara yang dianggap penting untuk upaya ini mencakup Indonesia, India dan Brazil.

Caesar mencontohkan, ada beberapa fitur pada produk Google yang diluncurkan terlebih dahulu di Indonesia sebelum menjangkau wilayah lain. Search Lite, misalnya, pertama kali diperkenalkan di Indonesia.

YouTube Offline, yang memungkinkan video YouTube disimpan sementara di perangkat pengguna, juga luncur awalnya di Indonesia.

Indonesia juga tercatat sebagai salah satu negara awal yang mendapatkan perangkat Android One, dengan empat pemanufaktur lokal sebagai rekanan: Nexian, Evercoss, Mito dan Infinix.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.