Kompas.com - 20/11/2015, 10:12 WIB
|
EditorWicak Hidayat

Tulisan ini adalah bagian dari mini seri "Tiga Hari di Silicon Valley”, sebuah rangkaian tulisan yang mencoba mengurai beberapa pengalaman dan pelajaran dari kunjungan ke Google, sang raksasa Silicon Valley, yang mungkin bisa bermanfaat bagi kita semua.

KOMPAS.com - "Pak Lurahnya mana nih?" demikian salah satu celetukan yang terdengar saat rombongan media dari Indonesia makan siang dengan beberapa Indo Googlers -- karyawan Google yang berasal dari Indonesia -- di kantor pusat Google, Mountain View, California.

Pak Lurah adalah julukan mereka, entah resmi atau tidak, atas salah satu Indo Googlers yang telah bergabung paling lama dengan raksasa silicon valley itu. Nama aslinya, kalau tidak salah, adalah Dani.

Mungkin karena dia salah satu yang awal, maka sering dianggap "membuka jalan" bagi Indo Googlers lainnya. Tapi lebih masuk akal lagi, julukan itu muncul karena "Pak Lurah" ini dikenal sabagai yang senang mengumpulkan Indo Googlers.

"Kami ada Indo Lunch, itu aja sih acaranya," ujar Budi, salah satu Indo Googlers yang terbilang senior.

Memang, perkumpulan Indo Googlers itu bukan sebuah organisasi resmi. Selain tidak resmi, kegiatan mereka pun tidak terlalu banyak, karena masing-masing sibuk dengan bidang pekerjaannya masing-masing.

Belum Tentu Saling Kenal

Google memang bukan perusahaan kecil lagi. Di kwartal kedua 2015 saja Google telah mencatatkan 57.100 karyawan di seluruh dunia.

Di Silicon Valley, kantor Google pun tersebar dalam lokasi yang tidak bisa dibilang kecil. Seperti perusahaan lain, Google menyebut wilayah perkantorannya sebagai kampus, karena terdiri atas lokasi yang terpisah-pisah di beberapa gedung yang berbeda.

Maka tidak aneh ketika para Indo Googlers yang berjumpa dengan awak media ternyata ada yang belum berkenalan satu sama lain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.