Kompas.com - 25/11/2015, 09:56 WIB
Eksekutif Google Amit Singhal memperagakan cara kerja perangkat wearable Google yang berbentuk mirip bros Communicator dari Star Trek TimeEksekutif Google Amit Singhal memperagakan cara kerja perangkat wearable Google yang berbentuk mirip bros Communicator dari Star Trek
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Di film Star Trek, kapten Picard dan para awak kapal antariksa Enterprise bisa saling berbincang dari jarak jauh dengan menyentuh bros “Communicator” yang tersemat di seragam mereka.

Purwarupa perangkat wearable device semacam ini, menurut laporan Time yang dirangkum oleh KompasTekno, Rabu (25/11/2015), rupanya pernah dikembangkan oleh Google.

Cara kerjanya pun mirip. Sang pengguna cukup menyentuhkan jari untuk mengaktifkan perangkat serupa Communicator tersebut. Ia kemudian bisa menerima input berbasis voice command, sekaligus menyalurkan suara melalui speaker terintegrasi.

“Saya selalu menginginkan bros (Communicator) itu,” ujar Amit Singhal, eksekutif Google yang mengepalai pengembangan perangkat bersangkutan.

“Anda tinggal memintanya melakukan apapun dan ia akan mengerjakannya. Itulah mengapa kami berpikir ingin mengembangkan purwarupa dan melihat bagaimana jadinya,” tambah Singhal.

Perangkat “Communicator” ala Google dilengkapi dengan mikrofon untuk menangkap suara pengguna. Ia tersambung ke smartphone melalui Bluetooth.

Melalui alat ini, Google ingin mengeksplorasi lebih jauh mengenai cara-cara memberi voice command tanpa harus mengeluarkan ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayang, “Communicator” Google hanya sebatas purwarupa saja dan tak diteruskan lebih jauh.

Tapi paling tidak ia bisa memberi sedikit gambaran mengenai upaya Google untuk mengembangkan produk, sekaligus obsesi para teknisinya terhadap serial TV fiksi ilmiah Star Trek. Para Googlers, misalnya, pernah pula membikin alat mirip "Tricorder", juga dari film Star Trek.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.