Dianggap Saru, Pria Ini Diminta Ganti Nama oleh Facebook

Kompas.com - 25/11/2015, 14:04 WIB
Phuc Dat Bic menunjukan passpor untuk memberi tahu nama aslinya Phuc Dat BicPhuc Dat Bic menunjukan passpor untuk memberi tahu nama aslinya
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Seorang pria asal Vietnam bernama Phuc Dat Bich diblokir berulang kali oleh Facebook karena diduga sebagai nama palsu.

"Saya dituduh menggunakan nama palsu dan menyesatkan, dan rasanya ini sangat menyinggung perasaan saya," tulis pria yang bekerja di Bank of Australia itu.

Nama tersebut, dalam ejaan bahasa Inggris, sekilas memang mengandung arti saru atau bermakna kasar. Inilah yang mungkin menjadi alasan Facebook memblokir akun pria ini.

Sebenarnya, nama tersebut dieja sebagai "Phoo Da Bic" bila mengikuti ejaan Vietnam. Namun kelihatannya Facebook tidak dapat membedakannya dan mengeja nama tersebut dalam ejaan berbahasa Inggris.

Seperti dilansir KompasTekno dari BGR, Selasa (24/11/2015), jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg itu menegur Phuc, menutup akunnya, dan meminta nama itu diubah saat akunnya diaktifkan kembali.

"Apakah ini karena saya orang Asia? Apakah benar begitu?" imbuhnya.

Phuc pun berusaha keras membuktikan bahwa nama yang tertulis itu memang nama aslinya. Bahkan, dia mengunggah foto paspornya demi membuat Facebook percaya dan berhenti memberi peringatan terkait nama.

Foto paspor tersebut kemudian menjadi viral, menjangkau puluhan ribu orang di berbagai negara dan lengkap dengan diisi dengan komentar-komentar mereka.

"Saya tidak pernah mengomel atau sedih karena status yang saya bagikan ternyata dilihat bergitu banyak orang. Saya bangga dan merasa terhormat karena bisa membuat orang tertawa bahagia ketika melihat sesuatu yang keterlaluan dan konyol,"tulis Phuc dalam akunnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber bgr

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.