Kompas.com - 29/11/2015, 12:13 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - YouTube telah mengambil alih posisi Wikipedia sebagai tempat anak muda mencari dan mengunduh informasi.

Menurut penelitian terbaru, anak muda usia 12-15 tahun telah meninggalkan ensiklopedi online dan beralih ke situs web berbasis video.

Untuk menemukan hal-hal serius yang tengah terjadi di dunia, delapan persen anak muda beralih ke YouTube dan hanya dua persen anak muda yang memilih Wikipedia.

Angka tersebut naik secara signifikan dari 2014. Tahun 2014 lalu, hanya tiga persen anak muda yang menggunakan YouTube untuk tujuan tersebut, sedangkan Wikipedia enam persen.

Untuk mencari hobi dan minat, 35 persen dari remaja dengan kelompok usia 12-15 tahun itu lebih memilih YouTube, sementara hanya tiga persen yang berkonsultasi di Wikipedia. Jumlah tersebut juga meningkat dari tahun lalu sebesar 26 persen.

Untuk keperluan kreativitas, sebanyak 44 persen anak muda beralih ke YouTuber favorit mereka untuk mendapatkan panduan dan hanya empat persen yang menggunakan Wikipedia.

Angka-angka tersebut juga jauh berubah dari tahun lalu di mana 33 persen para remaja menggunakan YouTube sebagai panduan berkreativtas, sedangkan penggunaan Wikipedia menurun, dari enam persen pada 2014, sebagaimana dikutip dari Digital Spy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ANT


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.