iPhone 7 Tidak Ada Colokan Earphone?

Kompas.com - 30/11/2015, 15:18 WIB
Jack audio 3,5 mm, port Lightning dan grill speaker di bagian bawah iPhone 6S The VergeJack audio 3,5 mm, port Lightning dan grill speaker di bagian bawah iPhone 6S
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah berencana untuk menggunakan materi layar OLED di ponsel buatannya, Apple kini juga berencana menanggalkan jack audio 3,5 mm di perangkat iPhone berikutnya.

Alasannya? Apple ingin dimensi iPhone bisalebih tipis lagi jika jack audio 3,5 mm tersebut dihilangkan.

Sebagai gantinya, dikutip KompasTekno dari Engagdet, Senin (30/11/2015), Apple akan menggunakan teknologi port Lightning.

Dengan menggunakan teknologi port tersebut, Apple mengklaim iPhone berikutnya (iPhone 7) bisa 1 mm lebih tipis dari iPhone 6s saat ini yang berukuran tebal 7,08 mm.

Selain itu, Apple juga akan memindahkan hardware DAC (digital to analog converter) yang tadinya ada di perangkat ponsel, kini menjadi berada di headphone/earphone.

Jadi, pengguna yang akan memakai earphone/headphone konvensional, nantinya mereka harus menggunakan konverter. Pilihan lain menggunakan koneksi Bluetooth.

Kabar ini masih berupa rumor, jadi jangan terlalu dianggap serius. Tidak ada jaminan bahwa Apple akan mewujudkannya dalam satu tahun ke depan saat iPhone 7 diperkenalkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, saat ini vendor China Oppo telah mengambil langkah serupa dalam seri Android Oppo R5-nya. Jack audio 3,5 mm tersebut diganti dengan port USB sehingga dimensi ponsel menjadi 4,8 mm saja.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X