Asosiasi E-Commerce Siapkan Penangkal Diskon Palsu

Kompas.com - 13/12/2015, 10:16 WIB
Sebuah popok disebut memiliki harga asli Rp 130 juta lebih, lalu mendapat diskon ScreenshotSebuah popok disebut memiliki harga asli Rp 130 juta lebih, lalu mendapat diskon "Harbolnas" hampir 100 persen.
|
EditorOik Yusuf
JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi E-commerce Indonesia (IdEA) mengatakan bakal membuat kode etik beriklan dan perilaku e-commerce. Hal tersebut diharapkan bisa mencegah terulangnya masalah diskon palsu yang terjadi di ajang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015.

"IdEA harus hati-hati karena ranah strategi pemasaran dan penjualan itu tidak disentuh oleh asosiasi. Tapi akibat dari kegiatannya (e-commerce) perlu kami ikuti dan perkenalkan standar," ujar Chairman IdEA Daniel Tumiwa dalam pesan singkatnya kepada KompasTekno, Sabtu (12/12/2015).

"Kami akan membuat kode etika beriklan dan berperilaku," tegasnya.

Terkait kejadian diskon palsu di Harbolnas 2015, Daniel menambahkan, asosiasi sudah meminta anggotanya untuk menyampaikan klarifikasi langsung ke pengguna dan media.

Selain itu, dia berjanji akan terus memantau penanganan masing-masing anggota. Pasalnya, kejadian tersebut bisa membentuk sentimen negatif dalam diri pelanggan e-commerce.

Sedangkan di sisi lain, saat ini industri tersebut sedang didorong untuk tumbuh.

Sekadar diketahui, tak seluruh anggota IdEA turut serta dalam ajang Harbolnas yang diselenggarakan pada 10-12 Desember 2015 oleh sejumlah e-commerce. Anggota yang turut serta dalam ajang tersebut antara lain adalah Bukalapak, MatahariMall, dan Lazada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harbolnas sendiri dilaksanakan pertama kali pada 2012 silam dengan tujuh e-commerce sebagai partisipan awal, yaitu Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan Luxola. Idenya berasal dari ajang diskon Cyber Monday atau Black Friday yang umum digelar di Amerika serta sejumlah negara Eropa.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.