Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kode QR WA Tidak Valid? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 13/04/2024, 11:59 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa penyebab yang menimbulkan masalah saat mengoperasikan aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA, yang perlu diketahui pengguna. Salah satunya seperti penyebab kode QR WhatsApp tidak valid.

Masalah kode QR WA tidak valid biasanya bakal terjadi ketika pengguna hendak login akun WhatsApp dari HP ke WhatsApp Web di desktop. Sebagaimana cukup umum diketahui, untuk login ke WhatsApp Web, pengguna perlu memindai kode QR WA yang tampil di layar.

Baca juga: 6 Penyebab Foto WhatsApp Tidak Bisa Tersimpan di Galeri HP dan Cara Mengatasinya

Pemindaian dilakukan melalui aplikasi WhatsApp di HP. Saat berhasil terpindai, akun WhatsApp di HP akan tertaut dan pengguna bakal bisa membuka WhatsApp Web. Namun, ada kondisi yang membuat kode QR WA tidak valid, sehingga gagal login WhatsApp Web.

Saat masalah kode QR WA tidak valid terjadi, pengguna mungkin bakal menjumpai tulisan “No Valid QR Code Detected” atau “Tidak ada kode QR valid yang terdeteksi” di layar aplikasi WhatsApp HP.

Tulisan “Tidak ada kode QR valid yang terdeteksi” menandakan pemindaian kode QR WA tidak berjalan dengan normal. Alhasil, pengguna tidak akan bisa login ke WhatsApp Web. Masalah ini tentu bakal merepotkan pengguna yang hendak login ke WhatsApp Web.

Oleh karena itu, pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa penyebab kode QR WhatsApp tidak valid. Dengan mengetahuinya, pengguna bisa menentukan solusi dari masalah kode QR WA tidak valid yang terdapat tulisan “No Valid QR Code Detected.

Lantas, sebenarnya kenapa QR WA tidak valid? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai penyebab kode QR WhatsApp tidak valid, yang bisa membuat gagal login WhatsApp Web.

Penyebab kode QR WhatsApp tidak valid

Ada beberapa penyebab yang menimbulkan masalah kode QR WhatsApp tidak valid, yang perlu diketahui. Misalnya, masalah ini bisa ditimbulkan karena terdapat kesalahan pengguna dalam memindai kode QR WhatsApp.

Kemudian, penyebab juga bisa datang dari kode QR WA yang telah usang. Selain itu, masih terdapat beberapa faktor lain yang menyebabkan masalah ini terjadi. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa penyebab kode QR WhatsApp tidak valid adalah sebagai berikut.

1. Salah pindai kode QR WhatsApp

Penyebab kode QR WA tidak valid yang pertama adalah terdapat kesalahan dalam memindainya. Kode QR WhatsApp harus dipindai sesuai fungsinya. Perlu diketahui, WhatsApp memiliki dua jenis kode QR.

Pertama, kode QR pada WhatsApp Web, yang dipakai buat menautkan akun dari aplikasi WhatsApp di HP. Kode QR WhatsApp Web bisa dipindai menggunakan kamera pada aplikasi WhatsApp di HP.

Kedua, kode QR pada profil akun WA. Kode QR ini berbeda fungsi dengan kode QR WhatsApp Web. Kode QR profil akun WA bukan untuk menautkan akun ke perangkat lain, melainkan untuk menambahkan kontak.

Dengan kode QR profil akun WA, pengguna bisa menambahkan kontak pengguna lain tanpa perlu memasukkan nomor teleponnya secara manual. Kode QR profil akun WA cukup dipindai dan pilihan menyimpan kontak secara otomatis bakal muncul.

Kode QR tersebut harus dipindai sesuai fungsinya. Jika hendak menambahkan kontak maka yang dipindai harus jenis kode QR profil akun. Bila hendak login di WhatsApp Web maka yang dipindai harus kode QR WhatsApp Web.

Baca juga: 3 Cara Login WhatsApp dengan Nomor yang Hilang atau Tidak Aktif, Mudah

Seandainya salah memindai, misal ingin menambahkan kontak tetapi yang dipindai adalah kode QR WhatsApp Web, maka kode QR bakal tidak valid dan muncul tulisan “Tidak kode QR valid yang terdeteksi”, seperti gambar di bawah ini.

Ilustrasi kode QR WA tidak valid dengan pesan No Valid QR Code karena salah pemindaian.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi kode QR WA tidak valid dengan pesan No Valid QR Code karena salah pemindaian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com