Kompas.com - 22/12/2015, 13:29 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selama ini, kode status pada laman situs kerap mengindikasikan error. Misalnya kode "404" yang muncul ketika alamat situs tak ditemukan.

Tapi, kode tersebut tak menjelaskan secara spesifik mengapa sebuah situs atau tautan tak lagi tersedia.

Untuk itu, Internet Engineering Task Force (IETF) mengajukan kode baru yang memiliki makna lebih spesifik. Dilansir KompasTekno, Senin (21/12/2015) dari Engadget, kode tersebut bertajuk "451".

"Agar bisa mengakomodir transparansi pada hal-hal tertentu di mana hukum atau kebijakan publik mempengaruhi operasional penyedia layanan," begitu tertera pada dokumen.

Jika situs yang hendak dibuka memunculkan kode itu, artinya situs memiliki masalah hukum atau disensor berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Efektif atau tidak, belum bisa dipastikan. Yang jelas, dokumen pengajuan telah didaftarkan sejak November 2015 lalu.

Hingga sekarang statusnya masih digodok. Belum jelas kapan kode itu beroperasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.