Cermat Pilih Kamera, Agar Jalan-jalan Lebih Menyenangkan!

Kompas.com - 22/12/2015, 16:48 WIB
Saat menikmati suasana kota wisata atau suara desir pantai, gawai apa yang jadi pilihan untuk merekam liburan Anda? ThinkstockSaat menikmati suasana kota wisata atau suara desir pantai, gawai apa yang jadi pilihan untuk merekam liburan Anda?
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Berlibur tak lepas dari kegiatan memotret, baik untuk mengabadikan suasana atau unjuk gigi di sosial media. Sayangnya, wisatawan kadang kecewa karena hasil jepretannya tak seindah pemandangan aslinya.

Untuk menghindari hal seperti itu, ada baiknya Anda lebih cermat memilih kamera. Berikut beberapa acuan jenis kamera sebagai teman jalan Anda:

Kamera digital kompak

Zaman sekarang kamera jenis ini lebih dikenal dengan sebutan kamera point and shoot. Dengan harga relatif murah, beragam fitur canggih sudah bisa Anda miliki, seperti Built-in Wifi, megapiksel besar, dan kemampuan optical zoom tinggi.

Kamera digital kompak sering kali menjadi pemenang di hati para traveler karena ukurannya kecil dan bobotnya ringan. Selain itu, ada kontrol kamera yang tidak njlimet untuk membantu Anda lebih mudah mengabadikan momen liburan.

Kamera prosumer

Dilihat dari segi ukuran dan bobot, pada dasarnya advanced compact digital camera ini sama dengan kamera digital kompak . Hanya, jenis kamera ini memiliki fungsi mendekati DSLR.

Memang, tipe kamera ini dikatakan kurang maksimal dalam hal pencahayaan atau lensa yang tidak bisa diganti-ganti (single fixed lens). Namun, Anda bisa saja memasang lampu flash tambahan dan menyiasati kekurangan lensa dengan fungsi zoom yang biasanya lebih dari 10 kali pembesaran.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamera mirrorless

Sesuai namanya, tipe ini minus mirror reflex optical viewfinder atau tak membutuhkan cermin untuk menghasilkan gambar. Sebagai gantinya, jenis kamera ini dilengkapi dengan electronic viewfinder sehingga pengguna dapat melihat penyesuaian ISO atau efek aperture secara langsung.

Anda menjadi lebih leluasa mengatur hasil dari objek foto yang diinginkan. Kamera ini cenderung ringan dan kecil sehingga ringkas untuk dibawa kemana pun.

Kamera DSLR

Tipe satu ini cocok bagi Anda peminat wisata penuh aksi atau petualangan. Pilihan ragam lensa, kecepatan fokus, dan daya tahan baterai menjadi keunggulan dari DSRL.

Dengan tingkat kepekaan cahayanya yang tinggi, Anda dapat mengandalkannya untuk berfoto di tempat redup, bahkan gelap. Kamera DSLR cenderung menghasilkan gambar lebih baik dibanding dengan jenis kamera lainnya.

Saat ini, Anda tak perlu bingung mencari beragam jenis kamera di atas. Anda dapat membelinya di pusat perbelanjaan terdekat atau cukup lewat belanja online yang mudah di situs web, seperti Bukalapak.com. Tersedia banyak pilihan dan ragam harga yang sesuai di kantong Anda!

Selamat berlibur dan jalan-jalan!



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X