Netflix di Indonesia Perlu Internet Sekencang Apa?

Kompas.com - 07/01/2016, 15:51 WIB
Netflix menyediakan aneka judul film dan serial TV NetflixNetflix menyediakan aneka judul film dan serial TV
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Lama dinanti, Netflix akhirnya bisa dinikmati di Indonesia mulai awal Januari 2016 ini. Melalui layanan ini, pelanggan bisa menonton koleksi film dan serial televisi sepuasnya secara legal.

Kemudian, pertanyaan besar yang mungkin muncul, seberapa kencang internet yang dibutuhkan untuk menggunakan layanan tersebut?

Dalam situs resminya, Netflix menuliskan bahwa pengguna dengan kecepatan internet 0,5 Mbps sebenarnya sudah bisa menikmati layanannya.

Tentu saja ini, syarat minimal dengan konsekuensi tampilan video tidak setajam jika kecepatannya lebih baik dan pengguna masih merasakan "buffering".

Netflix menetapkan kecepatan internet minimal 3.0 Mbps untuk film dengan kualitas Standard Definition.

Sementara itu, untuk film dengan kualitas HD (720p), rekomendasi kecepatan internet yang diberikan adalah 5.0 Mbps. Sedangkan, kualitas video tertinggi di layanan ini, Ultra HD (1080p), pengguna direkomendasikan untuk memiliki kecepatan internet dengan kecepatan 25 Mbps.

Satu hal yang harus diingat, tidak semua paket berlangganan menawarkan film dalam kualitas HD atau Ultra HD. Paket Basic hanya mengizinkan pelanggan untuk menonton film kualitas SD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan, pelanggan paket Standard hanya bisa menonton film dengan kualitas hingga HD. Untuk menikmati semua kualitas yang ditawarkan, pelanggan perlu berlangganan paket Premium.

Bagi pengguna yang lebih banyak menonton di televisi berukuran di atas 32 inci dan memiliki akses internet mumpuni disarankan untuk mengambil paket Netflix Standard atau Premium.

Berikut syarat dan rekomendasi Netflix untuk memanfaatkan layanannya.

- 0,5 Mbps: syarat minimum untuk menikmati konten di Netflix
- 1,5 Mbps: rekomendasi kecepatan koneksi internet
- 3.0 Mbps: rekomendasi untuk film kualitas SD
- 5.0 Mbps: rekomendasi untuk film kualitas HD
- 25 Mbps: rekomendasi untuk film kualitas Ultra HDDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.