Industri PC Menurun, Lenovo Siapkan "Jurus" Baru

Kompas.com - 14/01/2016, 09:19 WIB
|
EditorOik Yusuf
LAS VEGAS, KOMPAS.com - Penjualan PC saat ini kian mengendur. Namun, Lenovo masih percaya diri dan telah menyiapkan "jurus" baru untuk tetap meraih untung dari industri tersebut.

Vice President of Global Marketing and User Experience PC & Enterprises Business Group Lenovo, Dilip Bhatia mengungkap jurus tersebut saat ditemui di ajang Lenovo at Consumer Electronic Show (CES) 2016, Las Vegas Kamis (7/1/2016) lalu.

Menurut dia, ada tiga segmen yang akan digarap oleh Lenovo untuk mendorong pertumbuhan bisnis PC mereka tahun ini, yaitu produk premium, produk game serta aksesoris.

"Banyak yang bilang PC sedang menurun, tapi Lenovo justru tumbuh di segmen premium," terangnya kepada KompasTekno.

Dengan market share global 21 persen, Dilip menambahkan, Lenovo berhasil mengantongi keuntungan sebesar 8,1 miliar dollar AS atau Rp 111,9 triliun pada tahun finansial 2015/2016 kuartal kedua.

Pangsa pasar terbesar untuk PC milik Lenovo berada di Asia Pasific, dengan nilai 19,3 persen. Terutama dari negara-negara seperti India, Jepang, Singapura dan Hongkong.

Kini, untuk mendukung upaya mengembangkan market share menjadi 30 persen, perusahaan asal China ini menggantungkan diri pada tiga segmen di atas.

"Strategi kami adalah menumbuhkan segmen premium ini dengan lini produk Yoga dan X1, masuk ke game dengan IdeaPad Y900 serta membuat aksesoris pendukungnya," imbuh dia.

Di ajang CES 2016 pekan lalu, Lenovo memamerkan lini produk Yoga dan X1 terbaru. Antara lain berupa ThinkPad X1 Carbon, X1 Yoga yang merupkan jenis laptop convertible dengan berbagai mode penggunaan.

Perdana di Gaming

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.