Smartfren Larang "Torrent", Tapi Bebaskan Streaming Netflix

Kompas.com - 14/01/2016, 09:57 WIB
Head of Brand and Marketing Communication Smartfren Derrick Surya dalam acara peluncuran paket True Unlimited di Jakarta, Senin (2/11/2015). Yoga Hastyadi/Kompas.comHead of Brand and Marketing Communication Smartfren Derrick Surya dalam acara peluncuran paket True Unlimited di Jakarta, Senin (2/11/2015).
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Smartfren menyambut baik kedatangan Netflix ke Indonesia. Hadirnya layanan streaming film dan serial televisi tersebut dinilai mampu memberikan peluang bagi konsumen untuk merasakan kecepatan dan stabilnya internet di 4G LTE, terutama di jaringan milik Smartfren.

"Buat kita (Smartfren), bagus banget (dengan kehadiran Netflix). Ini bisa mendorong orang-orang merasakan jaringan 4G LTE," ujar Derrick Surya, Head of Brand and Marcomm Smartfren, kepada KompasTekno di sela-sela pengumuman kerja sama Smartfren dan Lenovo di Jakarta, Rabu (13/1/2015).

Netflix selama ini dikenal sebagai layanan penyedot bandwidth yang cukup besar. Untuk menonton film berkualitas SD, pengguna membutuhkan internet setidaknya 700 MB hingga 1 GB per jamnya. Lebih tinggi kualitas video yang ditonton, tentu besarnya data yang dibutuhkan lebih banyak lagi.

Menanggapi hal tersebut, Derrick mengklaim bahwa pelanggan tidak perlu khawatir, apalagi untuk masalah kuota. Pasalnya, anak usaha Sinarmas Group ini menawarkan paket internet True Unlimited atau tanpa batas kepada para pelanggannya.

Menggunakan paket True Unlimited yang dijual seharga Rp 75.000 untuk ponsel Andromax 4G atau Hisense Pureshot dan Rp 300.000 untuk pelanggan lainnya, pengguna dipersilahkan untuk menonton Netflix sepuasnya, tanpa harus memikirkan kuota.

"Buat pelanggan Smartfren sudah tidak perlu khawatir mikirin kuota," tuturnya.

Derrick pun mengaku tidak khawatir apabila jumlah penggunaan bandwidth melonjak secara tidak wajar. Menurut dia, penggunaan tersebut dijamin tidak akan mengganggu antar pelanggan.

"Kapasitas penetrasi 4G LTE Smartfren belum terlalu tinggi, sehingga pita masih lebar. Tidak akan mengganggu," kata Derrick.

Beda perlakuan

Paket True Unlimited Smarftfren diluncurkan untuk pertama kalinya pada November 2015 lalu. Kala itu, Smartfren meminta agar pengguna tidak menggunakan paket tersebut untuk mengunduh data menggunakan aplikasi BitTorrent.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X