Kompas.com - 15/01/2016, 12:03 WIB
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Apple Watch berkontribusi terhadap 51,5 persen dari total pengkapalan smartwatch global sepanjang 2015. Hal tersebut diungkap laporan terbaru firma penelitian "Juniper Research".

Dengan kata lain, pabrikan iPhone dan iPad ini sudah menguasai pasaran arloji pintar, meski terlambat memasuki segmen tersebut dibanding para produsen perangkat Android.

Dilansir KompasTekno, Kamis (14/1/2016) dari Mashable, sekitar 17,1 juta unit smartwatch dikapalkan di seluruh dunia tahun lalu. Sebanyak 8,8 juta dari angka tersebut disumbang oleh Apple.

Perlu dicatat, angka shipment memang mengindikasikan banyaknya permintaan pasar. Namun angka itu tak serta-merta menunjukkan angka pembelian konsumen. Hingga kini Apple belum mengumbar jumlah unit Watch yang terjual sepanjang 2015.

Selain itu, laporan Juniper Research tak memasukkan variabel produk FitBit. Sebab, menurut Juniper Research, produk keluaran FitBit sepanjang 2015 tak masuk kategori smartwatch. Produk-produknya dinilai sebagai wearable devices penunjang kesehatan semata.

Kendati begitu, menurut pimpinan Juniper Research James Moar, wearable device seperti yang ditawarkan FitBit berpotensi menelikung dominasi Apple dan para vendor smartwatch lainnya.

Pasalnya, urgensi smartwatch sendiri dianggap belum menyentuh kebutuhan mendasar pengguna. Sementara produk seperti FitBit yang memiliki fungsi mendasar, simpel, dan murah, dikatakan lebih bisa memikat pasar.

"Smartwatch masih jadi 'kategori tunggu' untuk pasar," kata Moar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.