Kompas.com - 02/02/2016, 11:25 WIB
Logo Gmail. Logo Gmail.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Gmail menjadi aplikasi terbaru milik Google yang masuk ke klub "1 miliar". Ya, kini layanan e-mail milik raksasa internet tersebut sudah digunakan secara aktif oleh 1 miliar pengguna per bulannya.

Pengumuman jumlah pengguna bulanan itu sendiri diumumkan langsung oleh CEO Google Sundar Pichai dalam laporan keuangan kuartal 4 tahun fiskal 2015.

Jumlah pengguna aktif Gmail ini meningkat sebanyak 100 juta pengguna hanya dalam kurun waktu beberapa bulan saja. Pada awal Mei 2016 lalu, Google mengumumkan telah mempunyai 900 juta pengguna bulanan.

Menariknya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Selasa (2/2/2016), sekitar 10 persen pengguna dilaporkan menggunakan fitur Smart Reply yang ada di aplikasi Inbox.

Sekadar informasi, fitur tersebut berfungsi membuat orang bisa membalas pesan tanpa harus mengetik. Cara kerjanya sendiri cukup unik. Smart Reply akan membaca dulu isi e-mail yang masuk. Setelahnya fitur tersebut akan merekomendasikan tiga jawaban untuk dipilih.

Gmail sendiri menjadi aplikasi ke-7 yang telah digunakan oleh lebih dari 1 miliar per bulannya. Sebelumnya, beberapa layanan Google yang telah masuk ke "klub 1 miliar" ini adalah Search, Chrome, Android, Google Play, Maps, dan YouTube.

Jumlah pengguna 1 miliar sendiri tampaknya sudah mulai menjadi angka yang lazim di perusahaan penyedia produk teknologi. Pada akhir tahun lalu, Facebook mengumumkan bahwa layanannya telah diakses secara aktif oleh 1 miliar orang per bulannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baru-baru ini pun, WhatsApp telah mengumumkan pencapaian yang serupa. Setiap bulannya, ada 1 miliar pengguna yang saling berkirim pesan secara aktif di layanan pesan singkat tersebut.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X