PANDI Buka Pendaftaran Registrar Baru

Kompas.com - 03/02/2016, 13:43 WIB
Pandi (Pengelola Nama Domain .ID) Pandi.idPandi (Pengelola Nama Domain .ID)
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mulai Februari 2016 ini membuka pendaftaran bagi registrar baru.

Berbeda dengan sistem pendaftaran registrar empat tahun silam yang menggunakan sistem beauty contest, saat ini PANDI memilih menggunakan sistem akreditasi.

“Kami mengadopsi sistem yang digunakan ICANN dalam melakukan akreditasi registrar baru,“ kata Ketua Umum PANDI, Andi Budimansyah dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (2/2/2016).

Dengan model akreditasi, maka menurut Andi, perusahaan yang berminat menjadi registrar dapat mengajukan diri setiap saat. Pendaftaran registrar baru ini terbuka untuk seluruh perusahaan Indonesia yang memenuhi syarat.

“Sesuai aturan perundangan, registrar nama domain .ID harus perusahaan Indonesia,” tegas Andi.

Untuk bisa menjadi registrar, perusahaan tersebut harus memenuhi semua persyaratan dan mengisi formulir permohonan yang ada di http://registrar.pandi.id.

Pembukaan pendaftaran registrar ini merupakan pertama kalinya sejak PANDI menyerahkan fungsi pendaftaran nama domain .ID kepada registrar di 2012. Sebelum 2012, PANDI merangkap sebagai registri sekaligus registrar nama domain .ID.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Registri merupakan pengelola nama domain yang mengatur kebijakan pendaftaran nama domain, mengatur sistem nama domain secara teknis, dan menyelesaikan perselisihan nama domain.

Sementara Registrar merupakan pengelola nama domain yang bertugas menerima pendaftaran nama domain dan mengaktifkan nama domain yang telah didaftarkan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X