Fitur Baru, Timeline Twitter Jadi Mirip Facebook

Kompas.com - 11/02/2016, 09:22 WIB
Ilustrasi pengguna Twitter. istIlustrasi pengguna Twitter.
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Twitter meluncurkan fitur linimasa baru yang dinamai "show me the best Tweets first". Fitur tersebut kurang lebih memunculkan kicauan terpopuler -bukan terbaru- pada linimasa teratas saat pengguna membuka Twitter.

Hal tersebut disampaikan Twitter melalui blog resminya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (11/2/2016).

Isu tersebut mengatakan sistem linimasa Twitter bakal mirip dengan Facebook. Kicauan terpopuler, dalam arti paling banyak didiskusikan dan di-RT akan muncul paling atas, mengalahkan kicauan real-time.

Menurut Twitter, sistem tersebut diberlakukan karena terbukti meningkatkan hasrat pengguna berkicau dan melakukan re-tweet.

"Kami telah melihat bahwa pengguna yang menggunakan fitur baru ini cenderung melakukan ret-tweet dan berkicau lebih banyak, membuat lebih banyak komentar dan percakapan, yang mana bagus untuk semua orang," begitu tertulis pada blog Twitter.

Meski begitu, Twitter tak ingin langsung memaksakan pengguna. Untuk sementara, fitur linimasa Twitter yang serupa Facebook tersedia secara opsional. Pengguna bisa mengaktifkannya atau menonaktifkannya.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna Android cukup menekan menu tiga titik yang terpatri di sisi kanan atas layar aplikasi Twitter. Lalu pilih "Settings". Di dalamnya, pilih "Timeline" lalu centang kotak bertuliskan "show me the best Tweets first"

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi pengguna Twitter iOS, tekan ikon roda gigi pada profil dan pilih "Settings". Di bawah pilihan "Timeline", tekan "Timeline personalization". Lalu centang "show me the best Tweets first".

Selama beberapa saat, Twitter bakal menerima berbagai masukan pengguna sebelum pada akhirnya meluncurkan algoritma linimasa tersebut secara otomatis.

"Kami akan mendengarkan berbagai masukan sembari membuat fitur tersebut makin baik dari waktu ke waktu. Lalu kami akan mengaktifkan fitur dalam beberapa minggu ke depan," kata Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X