Samsung Rilis Prosesor "Mewah" untuk Smartphone Murah

Kompas.com - 19/02/2016, 10:22 WIB
Ilustrasi chip Samsung Exynos 7 Samsung TomorrowIlustrasi chip Samsung Exynos 7
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Samsung meluncurkan prosesor Exynos octa-core teranyar dengan fabrikasi 14nm. Bertajuk "Exynos 7 Octa 7870", prosesor itu diperuntukkan bagi smartphone kelas menengah ke bawah.

Langkah ini terhitung progresif. Pasalnya, chipset berukuran 14nm biasanya eksklusif bagi smartphone "mewah" alias high-end. Sementara untuk perangkat mid-range, chipset dengan fabrikasi 20nm atau 28nm sudah dianggap cukup.
 
Menurut Samsung, pada dasarnya kemampuan Exynos 7 Octa 7870 serupa dengan chipset berteknologi pemrosesan 28nm, sebagaimana dilaporkan TheInquirer dan dihimpun KompasTekno, Jumat (19/2/2016).

Hanya saja, ukuran chipset 14nm yang lebih tipis membuatnya lebih efisien daya hingga 30 persen. Dengan begitu, smartphone pun bisa menyala lebih lama.

Secara umum, Exynos 7 Octa 7870 memiliki delapan inti prosesor dengan kecepatan seimbang 1,6 GHz. Kemampuan modem LTE-nya bisa menangani kecepatan unduh hingga 300 Mbps.

Prosesor anyar tersebut mendukung resolusi layar Full HD, kualitas gambar 16 megapiksel, dan resolusi video 1080p.

Meski terkesan tangguh, Samsung tak berniat memasang prosesor barunya pada smartphone kelas atas. Strategi ini seakan berkiblat pada Qualcomm.

Beberapa saat sebelumnya, Qualcomm meluncurkan Snapdragon 625 yang juga merupakan prosesor berfabrikasi 14nm khusus bagi smartphone murah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum jelas kapan tanggal pasti kedua prosesor kelas menengah ke bawah dengan fabrikasi 14nm tersebut hadir di pasar. Bagi Exynos 7 Octa 7870, disinyalir Samsung bakal mulai memproduksinya pada kuartal pertama tahun ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X