Snapdragon Wear 2100 Bakal Perbanyak Smartwatch untuk Wanita

Kompas.com - 24/02/2016, 14:07 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
BARCELONA, KOMPAS.com - Dua minggu lalu, pabrikan chip mobile Qualcomm memperkenalkan prosesor baru yang khusus ditujukan untuk wearable device, Snapdragon Wear 2100.

Sebelumnya pabrikan ini mengandalkan chip smartphone Snapdragon 400 dan 200 untuk dipakai di smartwatch.

Selain penghematan daya yang diklaim lebih irit hingga 25 persen dibanding Snapdragon 400, Snapdragon Wear 2100 juga memiliki ukuran fisik yang 30 persen lebih kecil.

Menurut Senior Director & Business Lead Smart Wearable Segment Qualcomm, Pankaj Kedia, hal tersebut bakal berujung pada dimensi perangkat yang lebih mungil pula.

"Kalau dulu di smartwatch generasi pertama lebih banyak jam tangan untuk pria karena berukuran besar, nantinya dengan Snapdragon Wear 2100 akan lebih banyak arloji wanita yang kecil ukurannya," kata Kedia saat ditemui KompasTekno di arena pameran Mobile World Congress 2016, Barcelona, Spanyol, Selasa (23/2/2016),

Produk berbasis Snapdragon Wear 2100 sendiri saat ini masih belum tersedia. Baru ada sebuah unit prototipe dari Borqs yang ketika itu ditunjukkan oleh Kedia di hadapan sejumlah jurnalis yang hadir di booth Qualcomm.

Kedia memperkirakan smartwatch Snapdragon Wear 2100 akan mulai memasuki pasar pada paruh kedua tahun ini. "Sudah ada 25 pabrikan rekanan Qualcomm yang sudah memiliki rancangan wearable berbasis prosesor ini. Ke depannya nanti akan ada lebih banyak lagi," katanya.

Selain ukuran fisik yang lebih kecil, gadget berbasis Snapdragon Wear 2100 bakal memiliki baterai yang lebih tahan lama karena soal konsumsi daya yang lebih rendah tadi.

Demi meningkatkan efisiensi daya, Qualcomm turut meniadakan fungsi-fungsi yang dipandang tidak penting untuk sebuah smartwatch, yakni dukungan jaringan LTE category 4 dan carrier agregation. Meski begitu, Snapdragon Wear 2100 turut menawarkan pilihan konektivitas yang lengkap, mencakup LTE, Wi-FI, dan Bluetooth.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.