Pasca Gempa Mentawai, Internet dan Telepon Telkom Normal

Kompas.com - 03/03/2016, 09:26 WIB
Gempa bumi melanda Mentawai pada Rabu (2/3/2016). volcanodiscovery.comGempa bumi melanda Mentawai pada Rabu (2/3/2016).
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Pasca terjadinya gempa 7,8 skala richter di wilayah Mentawai dan sekitarnya, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) memastikan layanan telepon dan internet mereka tetap bisa dipakai.

"Layanan Telkom Group beroperasi normal. Telepon rumah, internet, dan layanan seluler Telkomsel pun saat ini bisa dipakai dengan normal," terang Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo pada KompasTekno, Kamis (3/3/2016).

Dia menambahkan, menurutnya pasca kejadian gempa terjadi kenaikan trafik komunikasi ke arah Sumatera Barat. Karena itu operator pelat merah tersebut berupaya memastikan saluran komunikasi mereka tetap bisa dipakai.

Sebagai antisipasi kelangkaan listrik pasca gempa, Telkom sedang menyiapkan pengiriman sejumlah genset agar peralatan penunjang komunikasi tetap bisa menyala.

"Di Kepulauan Mentawai ada sekitar 400 pelanggan telepon rumah, 100 pengguna internet dan beberapa jaringan internet yang melayani Pemerintah Daerah setempat. Jumlah base transceiver station (BTS) Telkomsel di sana ada 22 unit," pungkasnya.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter mengguncang Kepulauan Mentawai dan wilayah sekitarnya pada Rabu (2/3/2016). Episentrum gempa berada 682 kilometer di barat daya Mentawai, pada kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa terasa hingga ke Padang, Singapura dan Malaysia. Warga di Padang sempat berhamburan keluar rumah saat perisitiwa itu terjadi, namun kondisi saat ini sudah aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.