Path "Error", Kabar Hoax "Dari Grup Sebelah" pun Beredar

Kompas.com - 04/03/2016, 10:46 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Layanan jejaring sosial Path tidak dapat diakses sejak Kamis (3/3/2016) malam. Tak lama setelah itu, muncul sebuah pesan berantai yang menyebutkan server Path telah diretas dan pengguna minta mengganti password akun Path masing-masing.

Pesan berbahasa Indonesia tersebut beredar di berbagai layanan pesan instan, seperti BBM dan WhatsApp dengan embel-embel "dari grup sebelah".

Informasi yang tersebar ini diduga kuat tidak benar alias hoax karena informasi yang disebutkan bukan dirilis oleh pihak Path melalui akun Twitter @PathService.

Berita hoax ini disebutkan dikutip dari situs cooltech.com, yang ternyata bukanlah sebuah situs berita. Saat ditelusuri KompasTekno, cooltech.com, dalam lamannya terlihat sebagai penyuplai komponen perangkat penghangat dan pendingin ruangan.

Berikut isi pesan hoax tersebut:

"New york - Departemen cyber crime FBI (Federal Beareau of Investigation) baru saja melaporkan bahwa telah terjadi serangan hacker pada server pusat Path di Virginia. Analis cyber dari FBI memperkirakan bahwa telah terjadi pencurian data dan gambar dari para pemilik akun Path.

Pihak Path Inc. belum bisa dikonfirmasi untuk hal tersebut, tapi mengingat maintenance aplikasi yang dilakukan beberapa jam yang lalu, bisa jadi analisa yang dilakukan oleh pihak Departemen Cyber FBI adalah benar.

 Saat ini jutaan pengguna aplikasi Path mengalami gangguan penggunaan aplikasi tersebut di handled Android dan iPhone. Diperkirakan Path Inc. Sedang melakukan maintenance update security server dan backup data.

Dikutip dari halaman cooltech.com disarankan untuk para pengguna aplikasi Path untuk melakukan log out dan reset password. Hal tersebut untuk menghindari pencurian baik data pribadi maupun foto yang sudah diunggah di aplikasi Path."

Apabila menerima informasi di atas, netizen diminta untuk tidak ikut menyebarkannya. Bila ada teman yang kadung termakan kabar hoax tersebut, Anda sebaiknya ikut meluruskan informasinya.

Pihak Path sendiri sudah mengonfirmasi masalah ini dengan menyebutkan adanya kendala teknis dengan tanpa memerinci detailnya. Layanan Path menjanjikan akan beroperasi kembali Jumat sore ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.