Gerhana Matahari Total 2016, Google Pajang "Doodle" Khusus

Kompas.com - 09/03/2016, 07:07 WIB
Doodle Gerhana Matahari Total 2016 GoogleDoodle Gerhana Matahari Total 2016
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Hari ini, Rabu (9/3/2016), umat manusia dapat menikmati gerhana matahari total. Penduduk Indonesia akan menjadi yang paling beruntung sebab wilayahnya menjadi satu-satunya daratan yang bisa melihat fenomena alam ini.

Google ikut merayakan fenomena yang terjadi setiap puluhan tahun ini. Raksasa internet itu mengilustrasikannya lewat sebuah doodle yang dipajang di laman mesin pencarinya.

Doodle tersebut dibuat dalam bentuk animasi. Ceritanya, bumi sedang tertidur saat bulan sedang mengitari bumi.

Kemudian, bumi tiba-tiba terbangun kala bulan nyaris mendekati bagian wajahnya, yang digambarkan persis ada di wilayah Indonesia.

Setelah itu, bulan berhenti sebentar di wilayah Indoneisa. Bumi pun tampak sedikit terganggu dengan berhentinya bulan, dan berusaha mencari cara melihat ke arah matahari. Namun, bumi akhirnya memutuskan menyerah dan tertidur kembali.

Karena bulan memblokir cahaya matahari, ia menghasilkan bayangan, yang kali ini terjadi di wilayah Indonesia.

Doodle tersebut dikerjakan langsung oleh seorang doodler kawakan bernama Olivia Huynh.

Huynh memang kerap membuat doodle bagi Google pada hari-hari istimewa, di antaranya doodle untuk "Halloween", "Valentine", "Hari Ibu", "Imlek", dan "Tahun Kabisat 2016".

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X