Di Pantai Laskar Pelangi, 4G XL Tembus 23 Mbps

Kompas.com - 10/03/2016, 14:29 WIB
|
EditorReza Wahyudi
MANGGAR, KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi XL Axiata resmi merilis koneksi 4G LTE di Belitung. Kendati cakupan wilayahnya baru 30 persen saja, kecepatan download-nya bisa tembus hingga 23,84 Mbps.

KompasTekno, pada Selasa (8/3/2016) dan Rabu (9/3/2016) sempat menjajal sendiri kecepatan 4G LTE tersebut di beberapa titik keramaian.

Kami menggunakan aplikasi pengukuran kecepatan internet nPerf dan sebuah ponsel Lenovo Vibe P1 Turbo yang sudah mendukung 4G LTE Cat 4 (up to 150 Mbps download).

Di Pantai Tanjung Tinggi, yang dekat dengan base transceiver station (BTS) XL, kecepatan download maksimal bisa mencapai 23,84 Mbps. Sedangkan kecepatan upload maksimal di lokasi tersebut mencapai 5,10 Mbps.

Beberapa pengujian dilakukan di pantai laskar pelangi itu, namun hasilnya tak stabil pada angka yang sama. Adakalanya kecepatan download sedikit turun menjadi 2,19 Mbps atau 18,96 Mbps.

screenshot (ki-ka) Uji jaringan 4G XL di Pantai Tanjung Tinggi, uji jaringan di pusat kota Tanjung Pandan

Pengujian berikutnya kami lakukan di pusat kota Tanjung Pandan, tepatnya di Hotel Martani. Kecepatan download 4G LTE XL di sini bisa mencapai 15,54 Mbps dengan kecepatan upload 4,97 Mbps.

Di kedua tempat tersebut, 4G LTE XL lancar dipakai untuk streaming YouTube dan Netflix, browsing web atau sekadar mengunggah foto ke Instagram dan Path.

Tempat lainnya adalah di Warung Kopi Manggar, sekitar jalan Jenderal Sudirman, Manggar, Belitung Timur. Di sini kecepatan download 4G XL hanya 2,14 Mbps, sedangkan upload 1.06 Mbps.

Tak seluruhnya 4G

CEO XL sendiri mengakui bahwa mereka baru menggelar 4G di 30 persen wilayah pulau tersebut. Internet cepat ini diprioritaskan untuk daerah yang ramai dikunjungi wisatawan, seperti pantai, bandara dan pusat kota.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.